Pengertian RFID (Radio Frequency Identification)

2 min read

Label ini kemudian dipasang pada benda, manusia atau hewan kemudian proses identifikasinya dilakukan dengan memanfaatkan gelombang elektromagnetik.

Cara Kerja RFID

cara kerja RFID

Secara singkat cara kerja RFID adalah dengan menggunakan sistem identifikasi berupa gelombang elektromagnetik. Agar bisa bekerja untuk mengidentifikasi, maka dibutuhkan setidaknya dia buah perangkat, yaitu reader dan tag.

Ketika proses pemindaian data, maka perangkat reader-lah yang berperan untuk menangkap sinyal yang berasal dari RFID tag. Prinsip dan sistem RFID bekerja pada rangkaian listrik dengan menggunakan dua perangkat, yaitu Tag dan RFID reader.

  1. RFID Tag

Perangkat RFID tag ini pasti berada atau ditempatkan pada objek atau benda yang nantinya akan diidentifikasi oleh reader. RFID tag ini bisa berupa tag aktif maupun pasif. Tag aktif artinya adalah perangkat yang menggunakan baterai. Sedangkan tag pasif tanpa baterai.

  1. RFID Reader

Untuk membaca tag dibutuhkan perangkat yang disebut sebagai RFID reader. Reader ini juga dibagi menjadi dua, reader aktif dan pasif. Reader aktif memiliki sistem pembaca aktif yang mampu memancarkan dinyal interrogator ke tag.

Sementara itu, reader pasif menggunakan sistem pembaca pasif. Sistem ini hanya menerima sinyal elektromagnetik dari tag aktif yang hanya bekerja dengan sumber daya baterai. Reader RFIS pasif ini bahkan bisa mencapai hingga 600 meter. Karena itu perangkat ini memungkinkan untuk pengecekan maupun perlindungan aset.

Dalam sistem kerjanya, RFID adalah teknologi yang memakai berbagai jalur gelombang untuk memancarkan sinyal. Namun, diantara banyaknya sinyal yang dipakai, frekuensi RFID yang paling sering digunakan adalah pada frekuensi 865-868MHz & 902-928MHz jalur UHF.

Kelebihan & Kekurangan RFID

Setiap teknologi pada komponen elektronika yang diciptakan pasti selalu memiliki nilai lebih dan kekurangan. Begitu pula dengan teknologi Radio Frequency Identification (RFID) ini.

Galih Wsk Dengan pengetahuan dan keahliannya yang mendalam di bidang elektro dan statistik, Galish WSK alumni pascasarjana ITS Surabaya kini mendedikasikan dirinya untuk berbagi pengetahuan dan memperluas pemahaman tentang perkembangan terkini di bidang statistika dan elektronika via wikielektronika.com.

One Reply to “Pengertian RFID (Radio Frequency Identification)”

  1. Appreciating the hard work you put into your blog and detailed information you offer.
    It’s nice to come across a blog every once in a while that isn’t
    the same old rehashed material. Wonderful read! I’ve saved your site and I’m adding your RSS feeds to my Google account.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page