Zakki Ahmad Mahasiswa telat lulus yang lagi hobi mempelajari Ilmu Elektronika!

Frekuensi Adalah: Pengertian, Rumus & Cara Menghitung Frekuensi

Frekuensi Adalah? Cek ragam pengertian frekuensi menurut KBBI⭐ macam macam frekuensi☑️ rumus + contoh soal menghitung frekuensi & periode☑️

Dalam kehidupan sehari-hari mungkin pernah mendengar istilah frekuensi. Istilah ini diambil dari Bahasa Inggris ‘frequency’ yang berarti ukuran jumlah atau bisa juga diartikan tingkat keseringan. Kalau dalam Fisika, frekuensi adalah jumlah getaran yang terjadi dalam 1 satuan waktu. Dalam Fisika frekuensi berkaitan erat dengan suara atau bunyi.

Frekuensi Adalah :

Frekuensi adalah

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), arti frekuensi diambil dari kata dalam Bahasa Inggris ‘Frequency‘. Istilah ini secara umum diartikan sebagai tingkat seberapa sering melakukan suatu pekerjaan atau ukuran jumlah. Arti istilah ini kemudian bervariasi tergantung pada konteks apa yang digunakan, namun tetap dengan kata kunci ‘ukuran jumlah’.

Dalam disiplin ilmu elektronika dan fisika, arti frekuensi adalah jumlah getaran/ gelombang listrik yang dihasilkan tiap satu detik. Simbol frekuensi dalam disiplin ilmu fisika dilambangkan dengan huruf f kecil (f) dengan satuan Hertz (Hz).

Secara umum, definisi frekuensi adalah ukuran jumlah tiap satu putaran per peristiwa dalam jeda waktu yang telah ditentukan. Dalam menghitung frekuensi ini kita perlu menetapkan terlebih dahulu jarak waktu, menghitung jumlah kejadian, dan juga membagi hitungan tersebut dengan panjang jarak waktu yang ada.

Istilah frekuensi digunakan pada berbagai bidang. Tidak hanya di bidang Fisika dan elektronika saja, namun juga dalam konteks kedokteran hingga dalam konteks statistika. Maka dari itu, pengertian frekuensi pada masing-masing konteks juga bisa berbeda.

Rumus Frekuensi :

Frekuensi ini bisa dihitung dengan menggunakan rumus khusus. Rumus frekuensi yang digunakan untuk menghitung besarnya frekuensi adalah f = 1/T, dimana f = frekuensi dan T = periode waktu dalam satuan detik (second). Lebih jelasnya silahkan anda lihat dibawah ini :

Rumus Menghitung Frekuensi

f = 1/T

Dimana :
f = Frekuensi dalam satuan Hertz (Hz)
T = Periode dalam satuan detik (sec)

Rumus Menghitung Periode

T = 1/f

Dimana :
Periode (T) =          waktu (t)               
banyak gelombang (n)
dan
Periode (T) = panjang gelombang (λ)
cepat rambat (v)

Rumus Menghitung Panjang Gelombang

Panjang Gelombang (λ) =           jarak (x)           
banyak gelombang (n)
dan
Panjang Gelombang (λ) = cepat rambat (v) = cepat rambat (v) x periode (T)
frekuensi (f)

Rumus Menghitung Cepat Rambat Gelombang

Cepat Rambat = panjang gelombang (λ) x frekuensi (f)
dan
Cepat Rambat = panjang gelombang (λ)
periode (T)

Tabel Satuan Kelipatan Frekuensi (Hertz)

Prefix Simbol Desimal 10n
gerahertz THz 1.000.000.000.000 1012
gigahertz GHz 1.000.000.000 109
megahertz MHz 1.000.000 106
kilohertz kHz 1.000 103
hertz Hz 1 100
desihertz dHz 1/10 10-1
centihertz cHz 1/100 10-2
milihertz MHz 1/1.000 10-3
microhertz µHz 1/1.000.000 10-6
nanohertz nHz 1/1.000.000.000 10-9
picohertz pHz 1.000.000.000.000 10-12

Alat Ukur Frekuensi

Menurut Wikielektronika.com , terdapat 2 macam alat untuk mengukur frekuensi suara/ bunyi. Alat tersebut berupa perangkat lunak/ aplikasi windows yang bernama Zelscope dan juga perangkat keras yang bernama Frequency Counter.

Kedua alat ukur gelombang suara ini memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Hanya saja masing masing berjalan pada platform yang berbeda. Berikut pembahasannya.

  • Frequency Counter

alat ukur frekuensi

Alat pencacah frekuensi ini merupakan alat ukur frekuensi yang sudah dilengkapi dengan layar LCD untuk menampilkan hasil pengukuran. Alat ini dapat mengukur secara akurat frekuensi sinyal elektronik yang berulang-ulang.

Salah satu komponen alat ini dibekali program/ logika digital untuk menghitung jumlah siklus (number of cycles) selama interval waktu tertentu. Mengenai gambar dari alat ukur frekuensi Frequency Counter tersebut bisa anda lihat diatas.

  • Aplikasi Zelscope

aplikasi pengukur frekuensi

Alat ukur frekuensi yang kedua adalah Zelscope. Zelscope sendiri merupakan aplikasi/ perangkat lunak yang bisa mengkonversi sebuah komputer( PC) menjadi osiloskop sederhana yang mampu merekam, menyimpan, dan menganalisis spektrum data gelombang suara.

Aplikasi Zelscope ini berjalan pada platform Windows. Secara prinsip, aplikasi ini bekerja layaknya osiloskop sederhana sehingga sangat mudah digunakan tanpa membutuhkan bantuan peralatan yang rumit.

Contoh Soal Menghitung Frekuensi & Periode:

Sumber : Channel Nita Mustika

1. Sebuah generator listrik membutuhkan waktu sebesar 0.008 second untuk menghasilkan sebuah siklus gelombang listrik lengkap. Berapakah besarnya frekuensi yang dibutuhkan ?

Diketahui :
T= 0,008s

Ditanya :
F = ?

Jawaban :
f = 1/T
f = 1/0.008
f = 125Hz

2. Salah satu tower rangkaian listrik PLN di Kabupaten Malang memiliki Frekuensi listrik AC sebesar 100Hz. Berapakah waktu (T) yang dibutuhkan tower tersebut untuk melakukan satu siklus (putaran) gelombang listrik ?

Diketahui :
f = 100Hz

Ditanya :
T = . . . ?

Jawaban :
T = 1/f
T = 1/100
T= 0,01 detik

3. Sebuah ponsel bergetar sebanyak 900 kali setiap 6 menit. Berapakah periode getaran ponsel tersebut tiap 1 detik ?

Diketahui :
t = 6 menit x 60 detik = 360 detik
Jumlah getaran ponsel = 900 kali

Ditanya:
Berapakah periode getaran ponsel (T) . . ?

Jawaban:
Yang pertama kita cari dulu Frekuensi getarannya (f) dengan banyaknya getaran tiap 1 detik. Kemudian dilanjutkan dengan mencari periode getaran (T). Berikut detailnya.
f = 900 getaran / 360 detik = 2.5 Detik
T = 1/f = 1/2.5 = 0.4 second

Macam Macam Frekuensi

macam macam frekuensi

Dari beberapa definisi frekusensi yang ada pada kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI), Frekuensi dibedakan dalam tiga cabang keilmuan yakni frekuensi dalam ilmu Fisika dan elektronika, frekuensi dalam ilmu statistika, dan juga frekuensi dalam ilmu ketokderan, lebih jelasnya berikut ulasannya.

Frekuensi dalam Ilmu Fisika dan Elektronika

Istilah frekuensi yang paling sering digunakan adalah dalam bidang ilmu Fisika dan elektronika. Dalam ilmu fisika, frekuensi berkaitan erat dengan bunyi. Frekuensi bunyi menggambarkan jumlah getaran yang dihasilkan oleh sumber bunyi dalam satu satuan waktu atau dalam satu detik.

Sementara dalam ilmu elektronika frekuensi berkaitan dengan gelombang. Frekuensi gelombang diartikan sebagai jumlah gelombang listrik yang dihasilkan tiap satu satuan waktu (tiap satu detik). Frekuensi ini bisa dihitung dengan menggunakan rumus tertentu layaknya pada rumus slovin.

Dalam konteks bunyi, frekuensi menunjukkan ukuran atau jumlah getaran. Bunyi sendiri kemudian dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan frekuensinya. Ada jenis bunyi infrasonik, ultrasonik dan audiosonik dengan jumlah frekuensi yang berbeda-beda.

Baca Juga : Kabel Fiber Optik

Tidak semua makhluk hidup bisa mendengar setiap jenis bunyi ini. Masing-masing jenis bunyi hanya bisa didengar oleh makhluk hidup tertentu.  Lalu untuk manusia, jenis bunyi mana yang bisa didengar oleh manusia. Manusia hanya bisa mendengar bunyi berjenis audiosonik.

Telinga manusia dapat mendengar bunyi dengan frekuensi antara 20Hz – 20.000 Hz. Meski demikian, tidak semua manusia bisa mendengar bunyi dengan jangkauan frekuensi ini karena setiap manusia memiliki kapasitas pendengaran yang berbeda pula.

Frekuensi dalam Ilmu Statistika

Istilah frekuensi juga digunakan dalam konteks statistika. Dalam konteks ini lebih dikenal dengan distribusi frekuensi. Distribusi frekuensi adalah keadaan bagaimana  suatu data (variable) yang bisa dilambangkan dengan angka muncul atau tersebar dalam deretan angka atau kelompok data yang ada.

Distribusi frekuensi juga bisa diartikan sebagai susunan data berdasarkan kelas interval tertentu yang disusun mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar berdasarkan kategori tertentu. Penyajian data dengan distribusi frekuensi ini dilakukan agar data lebih mudah dipahami dan dibaca.

Macam-Macam Frekuensi dalam Statistika :

Distribusi frekuensi dalam konteks statistika dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut adalah macam macam frekuensi yang digunakan dalam konteks statistika.

  1. Distribusi Frekuensi Biasa

Distribusi frekuensi biasa adalah distribusi frekuensi yang berisi jumlah frekuensi dari tiap-tiap kelompok data. Distribusi frekuensi ini masih dibagi menjadi dua jenis yaitu distribusi frekuensi peristiwa dan distribusi frekuensi numerik.

  1. Distribusi Frekuensi Kumulatif

Selanjutnya ada distribusi frekuensi kumulatif, yaitu distribusi frekuensi yang berisi hasil penjumlahan frekuensi. Distribusi frekuensi ini terdiri dari dua macam, yaitu distribusi frekuensi kumulatif lebih dari dan kurang dari.

  1. Distribusi Frekuensi Relatif

Terakhir ada distribusi frekuensi relatif, yaitu yang berisi nilai hasil bagi antara frekuensi kelas dengan jumlah pengamatan. Distribusi frekuensi ini didapatkan dari membagi frekuensi dengan jumlah daya yang diamati.

Frekuensi Dalam Ilmu Kesehatan

Istilah frekuensi juga digunakan dalam dunia medis, yaitu untuk menunjukkan berapa jumlah (frekuensi) napas yang dilakukan oleh seseorang dalam satu menit atau yang disebut dengan laju pernapasan. Rentang Frekuensi nafas normal berbeda untuk orang dewasa dan anak-anak.

Frekuensi Laju Pernapasan Manusia :

Frekuensi pernapasan untuk orang dewasa berkisar pada rentang antara 12-20 kali/menit. Sementara untuk anak-anak juga bervariasi. Untuk anak-anak dengan usia dari 10-15 tahun frekuensi laju pernapasannya antara 15-20 kali/menit.

Anak dengan rentang usia 5-7 tahun frekuensi pernapasannya antara 25-30 kali/menit, anak usia 1 tahun 30-40 kali/menit dan bayi baru lahir 40-60 kali/menit.

Laju pernapasan ini sudah diatur oleh pusat pernapasan yang ada di otak. Frekuensinya berbeda-beda disesuaikan dengan kebutuhan tubuh dari masing-masing orang. Hal tersebut bisa dilihat dari data laju pernapasan normal, dimana semakin bertambah usia, maka laju pernapasan per menit semakin sedikit.

Info Elektronika Lainnya :
Gerbang Logika Arti Korelasi Adalah
Skala Likert Rangkaian Seri

Nah, sekarang sudah dijelaskan secara umum bahwa frekuensi adalah ukuran jumlah yang diukur atau dihitung dalam satu satuan waktu. Karena istilah frekuensi banyak digunakan dalam berbagai konteks yang berbeda, maka harus dipahami dulu arti atau pengertian dalam masing-masing konteks tersebut.

Zakki Ahmad Mahasiswa telat lulus yang lagi hobi mempelajari Ilmu Elektronika!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *