Pengertian Frekuensi dan Rumus Menghitungnya

4 min read

Aplikasi Zelscope ini berjalan pada platform Windows. Secara prinsip, aplikasi ini bekerja layaknya osiloskop sederhana sehingga sangat mudah digunakan tanpa membutuhkan bantuan peralatan yang rumit.

Cara Menghitung Frekuensi & Periode

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=vdOSucHXY9M[/embedyt]

Sumber : Channel Nita Mustika

1. Sebuah generator listrik membutuhkan waktu sebesar 0.008 second untuk menghasilkan sebuah siklus gelombang listrik lengkap. Berapakah besarnya frekuensi yang dibutuhkan ?

Diketahui :
T= 0,008s

Ditanya :
F = ?

Jawaban :
f = 1/T
f = 1/0.008
f = 125Hz

2. Salah satu tower rangkaian listrik PLN di Kabupaten Malang memiliki Frekuensi listrik AC sebesar 100Hz. Berapakah waktu (T) yang dibutuhkan tower tersebut untuk melakukan satu siklus (putaran) gelombang listrik ?

Diketahui :
f = 100Hz

Ditanya :
T = . . . ?

Jawaban :
T = 1/f
T = 1/100
T= 0,01 detik

3. Sebuah ponsel bergetar sebanyak 900 kali setiap 6 menit. Berapakah periode getaran ponsel tersebut tiap 1 detik ?

Diketahui :
t = 6 menit x 60 detik = 360 detik
Jumlah getaran ponsel = 900 kali

Ditanya:
Berapakah periode getaran ponsel (T) . . ?

Jawaban:
Yang pertama kita cari dulu Frekuensi getarannya (f) dengan banyaknya getaran tiap 1 detik. Kemudian dilanjutkan dengan mencari periode getaran (T). Berikut detailnya.
f = 900 getaran / 360 detik = 2.5 Detik
T = 1/f = 1/2.5 = 0.4 second

Contoh Macam Macam Frekuensi dalam Bidang Keilmuan

macam macam frekuensi

Dari beberapa definisi frekusensi yang ada pada kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI), Frekuensi dibedakan dalam tiga cabang keilmuan yakni frekuensi dalam ilmu Fisika dan elektronika, frekuensi dalam ilmu statistika, dan juga frekuensi dalam ilmu ketokderan, lebih jelasnya berikut ulasannya.

Frekuensi dalam Ilmu Fisika dan Elektronika

Istilah frekuensi yang paling sering digunakan adalah dalam bidang ilmu Fisika dan elektronika. Dalam ilmu fisika, frekuensi berkaitan erat dengan bunyi. Frekuensi bunyi menggambarkan jumlah getaran yang dihasilkan oleh sumber bunyi dalam satu satuan waktu atau dalam satu detik.

Galih Wsk Dengan pengetahuan dan keahliannya yang mendalam di bidang elektro dan statistik, Galish WSK alumni pascasarjana ITS Surabaya kini mendedikasikan dirinya untuk berbagi pengetahuan dan memperluas pemahaman tentang perkembangan terkini di bidang statistika dan elektronika via wikielektronika.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page