Penjelasan Lengkap Jaringan WAN (Wide Area Network)

7 min read

Selamat datang pada panduan lengkap jaringan WAN. Pada bagian ini, wikielektronika.com akan memberikan penjelasan lengkap dan fungsi jaringan komputer WAN.

Jaringan WAN sangat penting dalam menyediakan konektivitas global untuk berbagai aplikasi. Anda akan mempelajari pengertian jaringan WAN beserta perannya dalam mendukung operasional perusahaan Anda.

Anda akan memahami bagaimana jaringan WAN bekerja untuk menghubungkan lokasi yang jauh dan menyediakan koneksi global yang handal.

Tentunya, penjelasan lengkap jaringan WAN ini akan membantu Anda memahami bagaimana jaringan WAN dapat memberikan solusi konektivitas yang tepat bagi perusahaan Anda.

Pengertian Jaringan WAN

WAN adalah

Jaringan WAN atau Wide Area Network adalah jaringan komputer yang menghubungkan beberapa jaringan lokal atau LAN dalam area yang lebih luas seperti kota, negara, atau bahkan dunia. Jaringan WAN memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan perangkat yang terhubung dalam jaringan tersebut dari lokasi yang berbeda secara efektif.

Jaringan WAN memiliki cakupan area yang lebih luas dibandingkan dengan jaringan LAN, sehingga koneksi internet yang disediakan dapat mencakup area yang lebih besar.

Jaringan WAN terdiri dari sejumlah perangkat dan jaringan lokal yang terhubung melalui saluran komunikasi publik atau pribadi seperti kabel serat optik, satelit, atau radio.

Berbeda dengan jaringan LAN, jaringan WAN memungkinkan pengguna untuk mengakses data dari lokasi yang jauh dan terpisah secara geografis.

Hal ini memungkinkan berbagai perusahaan atau organisasi memiliki kantor cabang di lokasi yang berbeda dan tetap terhubung dalam satu jaringan, sehingga dapat menghemat waktu dan biaya komunikasi.

Jadi, secara sederhana, jaringan WAN itu seperti ‘super highway’ data yang menghubungkan berbagai kota atau bahkan negara.

Pertama-tama, bayangkan komputer atau perangkat di kantor kita seperti rumah kita sendiri. Nah, kalau kita ingin menghubungkan ‘rumah’ kita dengan ‘tetangga’ di kota sebelah atau bahkan di negara lain, kita butuh jalan raya khusus bukan? Nah, itu dia fungsi Jaringan WAN.

Jaringan ini menghubungkan banyak Jaringan Lokal (LAN) di berbagai lokasi yang jauh. Jadi, kantor pusat di New York bisa terhubung dengan kantor cabang di Tokyo atau Sydney. Seperti jalan tol data global gitu!

Galih Wsk Dengan pengetahuan dan keahliannya yang mendalam di bidang elektro dan statistik, Galish WSK alumni pascasarjana ITS Surabaya kini mendedikasikan dirinya untuk berbagi pengetahuan dan memperluas pemahaman tentang perkembangan terkini di bidang statistika dan elektronika via wikielektronika.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page