Perbedaan Alat Ukur Baku dan Tidak Baku [+Contoh]

7 min read

Tongkat kayu dapat digunakan dengan membandingkan panjang tongkat dengan jarak atau kedalaman yang akan diukur. Meskipun tidak memberikan tingkat akurasi yang tinggi seperti alat ukur baku, tongkat kayu dapat memberikan perkiraan kasar tentang jarak atau kedalaman.

  • Tali Benang/Kawat

Tali benang atau kawat dapat digunakan sebagai alat ukur tidak baku dalam situasi di mana diperlukan pengukuran yang fleksibel.

Tali benang atau kawat dapat diukur dengan menggunakan alat ukur baku kemudian digunakan untuk mengukur panjang atau jarak dengan cara menjalankan tali pada objek yang akan diukur.

Meskipun tidak seakurat penggunaan alat ukur baku, tali benang atau kawat dapat memberikan perkiraan panjang dengan tingkat akurasi yang relatif baik.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apa bedanya antara alat ukur baku dan tidak baku?
Alat ukur baku adalah alat yang memenuhi standar yang telah ditetapkan dan dikalibrasi dengan presisi tinggi, sedangkan alat ukur tidak baku tidak memenuhi standar dan seringkali kurang akurat.

2. Mengapa penggunaan alat ukur baku penting?
Penggunaan alat ukur baku penting karena memberikan hasil pengukuran yang akurat, konsisten, dan dapat diandalkan, serta meminimalkan risiko kesalahan.

3. Apa resiko penggunaan alat ukur tidak baku?
Penggunaan alat ukur tidak baku dapat menyebabkan ketidakakuratan dalam pengukuran, ketidak konsistenan hasil, dan potensi masalah keamanan.

4. Bagaimana cara memilih alat ukur baku yang baik?
Pilihlah alat ukur baku yang memenuhi standar yang ditetapkan oleh otoritas yang berwenang, seperti BMKG atau BSN, dan pastikan alat tersebut telah dikalibrasi dengan presisi tinggi.

5. Apakah penggunaan alat ukur baku mahal?
Meskipun alat ukur baku mungkin memiliki harga yang lebih tinggi, namun keakuratan, keandalan, dan konsistensinya dapat mengurangi biaya penggantian alat secara teratur.

6. Mengapa penggaris disebut alat ukur baku?
Penggaris disebut sebagai alat ukur baku karena memiliki beberapa karakteristik yang memenuhi standar dan dapat dijadikan sebagai referensi dalam melakukan pengukuran, misalnya seperti skala yang tepat dan juga konsistensi pengukuran.

Demikianlah serangkaian informasi yang bisa wikielektronika ulas. Perlu anda ingat kembali bahwa pengukuran adalah proses yang penting dalam banyak industri, mulai dari teknik, manufaktur, hingga laboratorium. Dalam konteks ini, alat ukur baku dan tidak baku menjadi konsep yang penting untuk benar benar anda pahami dengan baik.

 

Galih Wsk Dengan pengetahuan dan keahliannya yang mendalam di bidang elektro dan statistik, Galish WSK alumni pascasarjana ITS Surabaya kini mendedikasikan dirinya untuk berbagi pengetahuan dan memperluas pemahaman tentang perkembangan terkini di bidang statistika dan elektronika via wikielektronika.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page