Jenis Kabel Instalasi Listrik Standar PLN

6 min read

☑️ 12+ Jenis kabel instalasi listrik standar PLN dilengkapi Arti kode huruf dan Perbedaan kabel NYA, NYM, NYY & NGA Berdasarkan Fungsi☑️

Saat memakai listrik, Anda perlu kabel yang tersambung ke konektor dan alat elektronik. Kabel untuk keperluan listrik terdiri dari berbagai tipe seperti NYA, NYM, NGA dan  NYY. Masing-masing memiliki arti kode huruf dan fungsi berbeda serta konfigurasi yang sesuai kebutuhan.

Misalnya, kabel NYA adalah tipe kabel yang hanya memakai satu inti dengan satu lapis isolator. Tipe kabel lain seperti NYA, NGA dan NYY memiliki beberapa inti dan lapisan. Berikut langsung saja anda simaka ulasan lengkapnya.

Jenis Kabel Instalasi Listrik

perbedaan kabel nyy nya nym

Sebelum lanjut mengetahui tentang kabel, Anda perlu mengerti bahwa kabel merupakan berbahan konduktor termasuk salah satunya kabel fiber optik. Yang sering digunakan adalah logam tembaga karena tersedia dalam jumlah besar dan harga terjangkau. Selain itu, tembaga memiliki daya hantar yang baik dan efisien.

Fungsi kabel yang utama adalah menghantarkan listrik dari satu komponen, alat, dan instalasi ke lainnya. Tanpa kabel, listrik akan masuk rangkaian terbuka yang berbahaya jika arus dan tegangan sangat tinggi. Lebih lanjut mengenai tipe dan fungsi kabel akan dijelaskan pada bagian berikut.

  • Kabel NYA

Kabel NYA adalah jenis kabel yang materialnya terbuat dari tembaga berlapis PVC. Satu kabel dapat terdiri dari beberapa inti tembaga terpisah dan masing-masing memakai lapisan sendiri. Kabel ini sering dipakai untuk keperluan harian.

Arti Kode Kabel NYA :

N = Jenis Kabel dengan inti tembaga
Y = Material Isolasi berupa PVC
A = Inti Kabel bersifat tunggal

  • Kabel NYM

Kabel NYM merupakan tipe kabel untuk sambungan beberapa konektor. Anda akan menemukan dua hingga empat inti tembaga tunggal dengan lapisan isolator. Selanjutnya, semua inti diselimuti lagi dengan isolator terluar.

Arti Kode Kabel NYM :

N = Jenis Kabel dengan inti tembaga
Y = Material Isolasi berupa PVC
M = Inti Kabel lebih dari Satu.

  • Kabel NYY

Kabel NYY termasuk tipe kabel yang cocok untuk kebutuhan listrik rumah jangka panjang. Bentuknya terdiri dari tembaga tunggal dengan lapisan PVC serta tambahan selimut anti gigitan tikus. Kabel ini juga cukup fleksibel serta bertahan lama di tempat ekstrem.

Arti Kode Kabel NYY :

N = Jenis Kabel dengan inti tembaga
Y = Material Isolasi berupa PVC
Y = Isolasi luar menggunakan material PVC

  • Kabel NGA

Kabel NGA adalah jenis kabel listrik yang memiliki inti tembaga tunggal dengan isolasi berbahan karet. Umumnya kabel NGA ini merupakan kabel yang banyak digunakan sebagai penghantar dalam instalasi penerangan.

Arti Kode Kabel NGA :

N = Jenis Kabel dengan inti tembaga
G = Material Isolasi berupa Karet
A = Inti Kabel bersifat tunggal

  • Kabel NYAF

Kabel NYAF adalah tipe kabel yang memakai tembaga berserabut. Inti tersebut disiplin hingga menyerupai satu lapisan konduktor tunggal. Selanjutnya, kabel dilapisi isolator untuk mencegah arus listrik terbuka.

Arti Kode Kabel NYAF :

N = Jenis Kabel dengan inti tembaga
Y = Material Isolasi berupa PVC
A = Inti Kabel bersifat tunggal
F = Penghantar kawat serabut

  • Kabel NYFGBY/NYRGBY/NYBY

Kabel NYFGBY/NYRGBY/NYBY masih menggunakan tembaga tetapi isolator terbuat dari baja. Anda akan melihat kabel tersebut untuk instalasi listrik skala besar dan bertegangan tinggi. Lapisan baja mampu menahan beban dan lebih kokoh.

Arti Kode Kabel NYFGBY :

N = Jenis Kabel dengan inti tembaga
Y = Material Isolasi berupa PVC
F = Penghantar kawat serabut
Gb = Material Lilitan dari plat baja
Y = Material Isolasi Luar PVC

  • Kabel NYMHYO

Kabel NYMHYO ukurannya cukup kecil tipis terbuat dari tembaga berserabut sebagai inti. Kabel menggunakan dua inti bahkan lebih yang dapat terhubung ke alat elektronik misalnya port audio dan video.

Arti Kode Kabel NYMHY :

N = Material Inti kabel Tembaga
Y = Material Isolasi PVC
M = Jumlah Inti kabel lebih dari satu
H = Penghantar Serabut (kawat halus)
Y = Material Isolasi luar PVC
O = Pelindung terbuka dari kawat kawat baja

  • Kabel NYMHY/NYYHY

Kabel NYMHY/NYYHY adalah tipe kabel listrik yang memakai inti tembaga berserabut serta dilapisi isolator. Selain itu, intinya terdiri dari dua atau lebih dengan ukuran medium. Kabel ini dipakai untuk keperluan harian yang harus menyambungkan ke alat elektronik.

Arti Kode Kabel NYMHY :

N = Material Inti kabel Tembaga
Y = Material Isolasi PVC
M = Jumlah Inti kabel lebih dari satu
H = Penghantar Serabut (kawat halus)
Y = Material Isolasi luar PVC

  • Kabel NYCY

Kabel NYCY dapat dipakai untuk beberapa keperluan sambungan listrik. Ini merupakan konduktor berinti tembaga dengan isolator level tinggi. Anda bahkan mampu menyambungkan kabel ke beberapa konektor.

  • Kabel BC

Ada kabel listrik yang tidak memiliki lapisan isolator. Cara pakainya dengan memasukkan ke pipa PVC atau selubung terpisah. Tipe ini disebut kabel BC yang terdiri dari satu inti tembaga. Ada memakai kabel tersebut untuk penangkal petir.

  • Kabel AAAC

Selanjutnya, kabel AAAC berbeda dari sebelumnya karena inti memakai alloy yang terdiri dari silicon, magnesium, dan alumunium. Anda membutuhkan biaya cukup mahal untuk menggunakan kabel ini. Produk hanya untuk keperluan khusus.

  • Kabel ACSR

Kabel ACSR memakai inti kawat baja yang mampu menghantar listrik tegangan tinggi. Apisannya menggunakan alumunium dengan level isolator tinggi. Kabel ini digunakan untuk keperluan bisnis dan instalasi kantor.

  • Kabel ACAR

Kabel ACAR adalah tipe kabel yang berinti kawat baja dan berselubung alumunium. Ini kabel yang mampu menerima dan menghantar tegangan tinggi. Lapisan isolator sangat solid sehingga kabel terkesan kaku dan agak sulit ditekuk.

Kabel NYA

kabel NYA

  • Spesifikasi

Kabel NYA adalah kabel listrik yang komponennya terdiri dari satu inti tembaga (tunggal) dan dilapisi dengan material isolator PVC satu lapis. Tipe kabel tembaga tunggal dengan satu lapisan isolator ini tampak dari spesifikasi kabel NYA yaitu terdiri dari inti dan PVC atau lapisan lain.

Tembaga memiliki ukuran bervariasi tetapi tidak lebih dari 5 mm. Ini merupakan tipe kabel berukuran relatif kecil dan sederhana namun paling banyak digunakan di rumah rumah.

  • Fungsi

Fungsi kabel NYA untuk rangkaian listrik tunggal. Anda memakainya langsung dari sumber ke alat lalu kembali lagi ke posisi sumber. Dengan konfigurasi tersebut, kabel ini sangat cocok untuk tipe sistem listrik seri yang efisien serta praktis.

  • Kelebihan dan kekurangan

Kelebihan kekurangan kabel NYA terkait dengan fungsi dan tipe. Secara fungsi, Anda akan unggul di rangkaian seri. Pemasangan lebih sederhana dan mudah serta tidak repot dengan tarik ulur inti. Selain itu, kabel lebih mudah dibentuk dan diarahkan ke posisi lain..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *