Pengertian dan Contoh Platform

Posted on

⏩ Platform adalah? Ragam pengertian apa itu platform menurut KBBI dan wikipedia ☑️ Jenis ☑️ Fungsi ☑️ dan 7 contoh Platform⭐

Mungkin banyak diantara Anda yang belum pernah mendengar kata platform. Apakah Anda tahu pengertian platform? Secara singkat platform artinya rencana kerja. Istilah platform mungkin tidak asing untuk teman teman yang kuliah dijurusan teknik informatika maupun teknik elektro.

Meskipun memiliki banyak arti, dalam disiplin ilmu komputer maupun ilmu elektronika disebutkan bahwa arti platform adalah tempat berjalannya sistem teknologi. Untuk membantu anda dalam memahami lebih dalam mengenai platform, kami akan menyajikan materi tentang platform secara detail dibawah ini.

Arti Platform Adalah ?

platform adalah

Apa itu platform? Arti platform adalah dasar dari sebuah sistem teknologi yang berupa software maupun hardware. Disamping itu platform adalah rangkaian kombinasi kerja sebuah hardware dan software.

Hal tersebut membuat aplikasi hasil kombinasi dapat berjalan dengan lancar. Jadi secara sederhana, platform adalah komponen penting untuk mengembangkan serta menjalankan perangkat lunak.

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa arti platform sama dengan sistem operasi. Padahal platform dan sistem operasi merupakan dua hal yang berbeda. Platform artinya tempat kerja sistem operasi sehingga tanpa tempat tersebut sistem operasi tidak dapat dijalankan.

Fungsi Platform

1. Wadah Menjalankan Aplikasi/ Software

Fungsi platform yang paling utama adalah untuk mempermudah penggunanya dalam menjalankan aplikasi atau software. Platform sendiri bisa dibagi menjadi 2 jenis, yaitu yang bekerja dengan kombinasi software dan hardware serta yang hanya bekerja dengan software seperti Java, PHP, C++ DLL.

2. Rencana Kerja

Selain itu, fungsi platform adalah sebagai rencana kerja, sehingga platform merupakan sebuah sistem yang mampu mengkoordinasi program-program komputer dan memberikan perintah untuk memproses data.

Jenis Jenis Platform

platform

1. Single Platform

Jenis platform dibedakan menjadi 2 yaitu, platform yang dirilis untuk satu perangkat manufaktur serta platform yang mampu digunakan oleh banyak manufaktur. Platform yang hanya bisa digunakan untuk satu manufaktur misalnya Blackberry dan iOS.

Seperti yang kita tahu bahwa platform blackberry hanya bisa dijalankan di perangkat blackberry saja. Demikian juga Iphone yang hanya bisa dijalankan menggunakan perangkat iphone saja.

FYI, Blackberry merupakan salah satu vendor smartphone yang cukup mendominasi di kawasan Amerika Utara. Sedangkan iOS adalah platform yang dirilis khusus untuk perangkat iPhone dan iPod.

2. Multiple Platform

Kemudian untuk jenis platform yang kedua ialah platform multimanufaktur. Platform yang satu ini bisa dipakai oleh banyak manufaktur contohnya Java dan juga android dimana kedua platform ini bisa dijalankan diberbagai perangkat entah itu smartphone maupun PC/ komputer.

Android adalah platform dengan kernel linux dan sebuah sistem operasi yang banyak dipakai oleh vendor smartphone. Sedangkan Symbian adalah sistem open source yang dulu pernah digunakan Nokia sebagai sistem operasi pada setiap ponsel yang dirilisnya sebelum akhirnya tergusur oleh android.

Selain itu masih banyak lagi platform yang bisa digunakan oleh beberapa perangkat manufaktur sekaligus seperti Net., BREW, dan windows Mobile.

Contoh Platform

contoh platform

1. Platform Digital

Platform digital adalah sekumpulan aplikasi (perangkat lunak) yang berjalan secara digital. Contoh platform digital yang paling mudah kita temukan saat ini ialah Youtube, dan beberapa maerketpkace online seperti Tokopedia, Shopee, DLL.

Youtube merupakan platform digital berbagi video yang bisa dinikmati oleh banyak user. Sedangkan marketplace merupakan situs jual beli online yang menawarkan segudang barang dan jasa. Beragam fitur canggih membuktikan bahwa platform digital di era ini semakin berkembang.

2. Platform Seluler

Sedangkan salah satu contoh platform perangkat lunak yang paling mudah ditemukan adalah android. Android merupakan platform yang banyak digunakan sebagai sistem operasi untuk perangkat smartphone dan smartwatch. Alasannya tidak lain karena android dapat menyesuaikan dengan banyak aplikasi dan membuat kinerjanya maksimal.

3. Platform Game

Platform game merupakan jenis yang secara khusus menyajikan permainan permainan canggih untuk para user di seluruh dunia. Di era yang serba digital ini, game game yang disajikan sudah bisa dijalankan secara online ke seluruh penjuru negara. Contoh platform game yang paling familiar adalah Play Station (PS) Xbox, dan Nintendo Wii, DLL.

4. Platform Media Sosial

Untuk jenis yang satu ini merupakan salah satu jenis platform yang sedang hits diseluruh dunia. Beberapa contohnya ialah twitter dan facebook. Sedangkan untuk sosial media yang berbasis video terdapat tiktok dan untuk yang berbasis foto ada Instagram.

5. Platform Website

Platform website adalah sebuah platform yang berhalan untuk membuat dan mengembangkan website. Umumnya yang paling sering digunakan ialah WordPress, Blogspot, dan juga Drupal. Sedangkan untuk platform website yang khusus untuk kebutuhan pendidikan ialah Lokomedia.

6. Platform Browser

Contoh selanjutnya yang bisa anda temukan ialah aplikasi Browser. Browser merupakan alat peramban yang berjalan di smartphone maupun komputer anda. Aplikasi ini sangat bermanfaat dalam membantu user untuk mencari informasi informasi yang dibutuhkan.

7. Platform Perangkat Elektronik

Setelah mengetahui pengertian apa itu platform dan jenis-jenisnya, maka selanjutnya adalah contohnya. Contoh platform bisa dengan mudah ditemukan pada perangkat elektronik di rumah, seperti :  DVD player, Televisi, Telepon, DLL. Beberapa platform tersebut merupakan contoh untuk perangkat keras alias hardware.

Dengan seluruh penjelasan diatas tentu dapat diketahui bahwa arti platform adalah rencana kerja. Tanpa rencana kerja maka perangkat teknologi tidak akan bekerja dengan maksimal. Jadi platform adalah unsur penting yang menjadi dasar berjalannya software dan hardware.

Demikian penjelasan singkat yang akan menjawab pertanyaan apa itu platform, contoh, fungsi, dan jenisnya. Dari penjelasan singkat diatas dapat disimpulkan bahwa platform adalah tempat perangkat lunak dan keras bekerja. Selain itu platform juga berperan penting untuk mengembangkan perangkat lunak.

Related posts:
Gravatar Image
Mahasiswa telat lulus yang lagi hobi mempelajari Ilmu Elektronika!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *