Prosedur dan Keunggulan Teknik Analisis Data Kualitatif

8 min read

Konsep dasar teknik analisis data kualitatif dalam metodologi Penelitian☑️ Cara menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan mudah☑️

Teknik analisis data kualitatif merupakan salah satu elemen penelitian yang banyak digunakan dalam metodologi penelitian ilmiah. Teknik ini dianggap mampu berjalan lebih subjektif sebab memiliki landasan teori sesuai fakta dengan informasi yang diperoleh secara mendalam.

Guna membantu anda memahami lebih dalam mengenai apa dan bagaimana teknik analisis data kualitatif dalam suatu penelitian, berikut kami tuliskan secara rinci materinya.

Pengertian Teknik Analisis Data Kualitatif

teknik analisis data kualitatif

Teknik analisis data kualitatif adalah proses pengumpulan, pengorganisasian, interpretasi, dan penarikan kesimpulan dari suatu data penelitian yang bersifat kualitatif. Contoh data kualitatif dalam penelitian misalnya data yang berasal dari hasil wawancara, observasi, studi dokomen, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sesuai dengan namanya yaitu kualitatif, metode ini memang lebih mementingkan kualitas informasi datanya dibanding kuantitas (jumlah), oleh karena itu metode ini lebih efektif jika dilakukan dengan menggunakan tanggapan informan secara langsung.

Sifat penelitiannya bisa deskriptif dan juga analis, tergantung pada pokok permasalahan yang diuji. Sebab datanya menggunakan skala nominal (bersifat membedakan) atau ordinal (membedakan serta mengurutkan).

Adapun tujuan dari teknik analisis data kualitatif antara lain sebagai berikut:

  • Memahami dan menjelaskan fenomena

Teknik analisis data kualitatif memungkinkan peneliti untuk memahami dan menjelaskan fenomena yang sedang diteliti dengan lebih rinci dan mendalam.

Data kualitatif dapat memberikan insight dan perspektif yang lebih dalam tentang pengalaman individu dan makna yang terkandung dalam interaksi sosial.

  • Membangun teori

Teknik analisis data kualitatif dapat digunakan untuk membangun teori baru atau menguji teori yang telah ada.

Dalam grounded theory, misalnya, teori dikembangkan melalui pengamatan dan analisis data, dan bukan diperoleh dari literatur atau teori yang sudah ada.

  • Memberikan informasi yang relevan untuk pengambilan keputusan

Analisis data kualitatif dapat memberikan informasi yang relevan bagi pembuat kebijakan dan praktisi dalam berbagai bidang, seperti kesehatan, pendidikan, dan bisnis.

Data kualitatif dapat memberikan pemahaman tentang pengalaman, sikap, dan persepsi individu yang dapat membantu pengambilan keputusan.

  • Menemukan pola dan tema

Teknik analisis data kualitatif memungkinkan peneliti untuk menemukan pola dan tema dalam data yang dianalisis.

Hal ini memungkinkan peneliti untuk memahami aspek-aspek tertentu dari fenomena yang sedang diteliti, seperti faktor-faktor yang memengaruhi perilaku atau persepsi individu.

Pendapat Para Ahli Tentang Teknik Analisis Data Kualitatif

Sederhananya, definisi dari teknik analisis data kualitatif yaitu sebuah proses analisis data tanpa melibatkan angka atau yang tidak berbentuk angka/numerik. Agar lebih jelas, berikut ini beberapa pengertian lebih lanjut menurut pendapat para ahli:

  1. Menurut Bogdan & Taylor, penulis buku Introduction to Qualitative Research Methods
    Analisis data dalam penelitian kualitatif merupakan proses pencarian serta penyusunan data secara sistematis yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, serta bahan-bahan lainnya agar lebih mudah dipahami, dan temuannya bisa diinformasikan pada orang lain.
  2. Menurut Lexy J. Moleong, penulis buku Metodologi Penelitian Kualitatif
    Adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis maupun lisan dari orang-orang serta perilaku yang bisa diamati.
  3. Menurut Sugiyono, penulis buku Metode Penelitian Kualitatif dan R&D
    Merupakan teknik menganalisis yang bersifat induktif, yaitu dilakukan berdasarkan perolehan data, selanjutnya dikembangkan pola hubungan tertentu menjadi hipotesis, kemudian berdasarkan hipotesis tersebut kembali dicari data secara berulang hingga dapat disimpulkan apakah hipotesisnya diterima atau ditolak.

Kapan Kita Perlu Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif?

Pada dasarnya, analisis data kualitatif digunakan jika peneliti ingin memahami suatu konsep pemikiran atau pengalaman tertentu. Misalkan ketika peneliti ingin mengetahui pendapat suatu populasi terhadap beberapa permasalahan melalui pendapat atau tanggapan.

Keadaan lain yang membutuhkan penggunaan teknik ini ialah ketika dibutuhkan pemahaman mendetail dan mendalam saat menentukan tujuan penelitian. Sebab teknik kualitatif cenderung bersifat elaboratif sehingga cocok untuk penggalian informasi secara detail.

Selain itu, teknik ini juga digunakan jika membutuhkan pendekatan lebih update terkait suatu fenomena. Hal ini berkaitan dengan sifat penelitiannya yang elaboratif, sehingga bisa digunakan untuk mempelajari bagaimana suatu fenomena terjadi secara alami.

Kemudian, teknik ini bisa digunakan ketika peneliti ingin mempelajari beberapa konteks penelitian yang memiliki keterkaitan. Sehingga independensi asil penelitian bisa terjaga, sebab dalam penelitian kuantitatif variabel dengan dependensi tidak bisa dianalisis.

Cara termudah mengetahui kapan harus menggunakan teknik ini yaitu berdasarkan jenis datanya. Jika mengandung subjektivitas/persepsi terhadap sesuatu, digunakan metode kualitatif. Sebaliknya, jika mengandung angka maka digunakan metode kuantitatif.

Prosedur Teknik Analisis Data Kualitatif

analisis data kualitatif

Pada dasarnya, langkah-langkah dalam menerapkan teknik analisis ini terbagi menjadi 4 tahapan. Tahapan tersebut meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian, hingga kesimpulan.

Untuk mengetahui secara detail, berikut bisa anda simak apa saja prosedurnya:

  • a. Menyiapkan Konsep

Tahap ini meliputi memahami konsep dasar penelitian, merancang pertanyaan penelitian, menentukan metode pengumpulan data, mengembangkan panduan wawancara atau kuesioner, yang kemudian akan kita lanjutkan pada proses selanjutnya yaitu tahap pengumpulan data.

  • b. Mengumpulkan Data

Pada tahapan ini bisa kita lakukan melalui beberapa pilihan metode seperti wawancara langsung, observasi (pengamatan), focus group discussion (FGD) atau diskusi bersama responden, serta teknik dokumentasi (mengkaji dokumen penelitian).

  • c. Mereduksi Data

Setelah data dikumpulkan, tahap selanjutnya adalah mengorganisasikan data kualitatif tersebut. Langkah ini meliputi memperjelas data, mengurutkan data, dan membuat ringkasan atau deskripsi yang mencakup setiap kategori atau tema dalam data.

Pada tahapan ini juga dilakukan proses pemilihan, penyederhanaan, abtraksi, serta transformasi data mentah dari tahap pengumpulan agar hasilnya lebih terfokus sesuai tujuan penelitian.

  • d. Mengolah Data

Setelah data direduksi, biasanya peneliti akan melanjutkan ke tahapan olah data. Pengolahan data ini bisa berupa pengkategorian data atau pengkodean data.

Kategorial data maksudnya adalah kita klasifikasikan data data penelitian sesuai dengan kategori kategori yang kita siapkan agar mudah dalam mengolahnya.

Sedangkan untuk koding (pengkodean) adalah proses memberikan label atau kategori pada data yang berkaitan dengan konsep, tema, atau hipotesis tertentu.

Galih Wsk Dengan pengetahuan dan keahliannya yang mendalam di bidang elektro dan statistik, Galish WSK alumni pascasarjana ITS Surabaya kini mendedikasikan dirinya untuk berbagi pengetahuan dan memperluas pemahaman tentang perkembangan terkini di bidang statistika dan elektronika via wikielektronika.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page