Kumpulan Contoh Rangkaian Elektronika Sederhana + Skemanya

Temukan kumpulan contoh rangkaian elektronika sederhana disini☑️ skema rangkaian elektronika kreatif lengkap dengan simulasinya☑️

Rangkaian elektronika dapat ditemukan dari yang sederhana hingga rumit. Meski demikian, Anda tidak perlu bingung saat membutuhkan contoh. Tentu saja, masing-masing alat elektronika memiliki level kerumitan berbeda. Misalnya, komponen yang dimiliki smartphone tentu berbeda dengan komponen lampu belajar misalnya.

Apa itu Rangkaian Elektronika ?

rangkaian elektronika

Rangkaian elektronika adalah sebuah rangkaian yang tersusun atas komponen komponen elektronika aktif dan pasif yang membentuk satu kesatuan dan menghasilkan suatu fungsi. Dalam bahasa inggris sering kita kenal dengan nama Electronic Circuit.

Menentukan apakah sebuah rangkaian disebut sederhana atau tidak berdasarkan kompleksitas, waktu pembuatan, fungsi alat. Misalnya, Anda dapat membuat bel rumah dengan cepat dan hasilnya sama seperti produk yang dijual di toko.

Akan tetapi, pembuatan alat seperti televisi bahkan PC membutuhkan biaya, waktu, dan ilmu khusus. Sehingga untuk televisi, PC dan laptop mungkin tidak termasuk kategori rangkaian elektronika sederhana.

Contoh Rangkaian Elektronika Kreatif

rangkaian elektronika kreatif

Contoh rangkaian elektronika sederhana berguna sebagai referensi. Membuat alat kecil dan berhasil bekerja tentu memberikan kesenangan sendiri. Bagi yang sekolah di SMK jurusan elektro, alat-alat tersebut justru berguna bagi kehidupan sehari. Di lain pihak, beberapa orang juga tertarik melakukannya meskipun tidak memiliki latar pendidikan listrik.

  • Alat Deteksi Pencuri

rangkaian alat deteksi pencuri

Skema rangkaian elektronika kreatif yang dapat dicoba adalah deteksi maling. Di daerah rawa, alat ini sangat membantu untuk memberikan peringatan dan proteksi. Sistemnya memakai sensor gerak atau kabel tipis yang terputus apabila orang lain melaluinya. Detector ini lalu dihubungkan ke alarm atau perangkat lain.

Komponen yang dibutuhkan :

• Kapasitor polarC1 : 1 µF/15V

• Kapasitor C2-C3 : 0,01 µF

• ICTimer : NE 555

• Catu daya 12V

• Resistor R1 : 10 k Ω

• Resistor R2 : 68 k Ω

• Resistor R3 : 1 kΩ

Prinsip Kerja Alat :

Rangkaian anti thief ini dibekali dengan IC Timer yang mempunyai peran sebagai pencegahan terjadinya tindak pencurian dirumah anda. Alarm pada alat deteksi ini akan aktif ketika kabel tipis yang menghubungkan resistor RI dengan pin 4 pada IC terputus.

Penggunaan kabel tipis tersebut bisa anda siasati dengan serat kabel serabut. Sensitifitas alat ini tergantung pada volume kabel serabut yang anda gunakan, semakin tipis kabel maka sensifitas alat ini juga semakin kuat. Rangkaian anti thief ini bisa difungsikan dengan bantuan catu daya sebesar 5-15V dengan bantuan Buzzer (speaker kecil).

  • Rangkaian Bel Rumah

rangkaian bel

Tamu menekan bel sebagai tanda ingin berkunjung dan sedang berada di depan. Bel tersebut dipasang secara sederhana karena tersambung ke speaker. Skema yang dipakai mirip dengan senter dan alarm.

Bel rumah dapat dikembangkan dengan berbagai variasi. Misalnya, Anda menambahkan beberapa suara lain yang unik. Proses install bel harus menyebar ke beberapa ruangan sehingga pemilik rumah mengerti jika ada tamu yang datang.

  • Rangkaian Alat Deteksi Hujan

rangkaian alat deteksi hujan

Alat sederhana di rumah yang berguna adalah detektor hujan. Cara kerjanya adalah air menyentuh sensor yang mengaktifkan arus listrik lalu terhubung ke alarm. Sistemnya mirip saklar otomatis di pompa air.

  • Rangkaian Speaker

rangkaian elektronika speaker

Rangkaian elektronika lain yang sering diterapkan adalah pembuatan speaker. Anda membutuhkan beberapa alat dan komponen yang dapat dicari di toko elektronika. Di sekolah kejuruan, skema ini sering dipakai untuk praktik. Siswa perlu mengerti bagaimana listrik mengalir lalu beralih ke mode suara.

Speaker berguna untuk beberapa kebutuhan dan pastikan memakai jack audio 3.5 yang sifatnya universal. Ada juga tipe speaker memakai kapasitor dan transistor khusus. Mereka yang sudah ahli bahkan mampu membuat speaker dengan amplifier.

Contoh Rangkaian Elektronika Sederhana

  • Rangkaian Senter

rangkaian elektronika senter

Kumpulan rangkaian elektronika yang paling mudah ditemukan yakni senter. Anda hanya butuh baterai, kabel, dan lampu. Untuk on/off, siapkan saklar kecil atau dapat membuat sendiri. Senter ini berguna untuk penerangan darurat.

  • Saklar lampu

rangkaian elektronika saklar lampu

Di rumah, Anda dapat menggunakan rangkaian listrik untuk mengelola lampu dan saklarnya. Penerapannya mudah dan tidak membutuhkan informasi rumit. Setelah mengetahui cara kerja saklar, Anda mengembangkan konfigurasi lampu yang lain.

  • Rangkaian Alarm Suara

rangkaian elektronika alarm

Selanjutnya, rangkaian yang juga dapat dibuat dengan mudah adalah alarm. Anda membutuhkan  beberapa komponen elektronika dasar. Selanjutnya, alat ini ditambah timer yang mengatur waktu serta dihubungkan ke semacam speaker.

  • Rangkaian Saklar Otomatis Pompa Air

rangkaian saklar pompa air otomatis

Contoh lain yang berguna di rumah adalah saklar pompa air. Anda memasang saklar dengan deteksi otomatis di dalam pompa. Setelah air  melewati batas tinggi tertentu, listrik segera terputus sehingga air tidak tumpah.

Jenis Jenis Rangkaian Elektronika

jenis rangkaian elektronika

 

Ada 3 macam jenis rangkaian elektronik yang bisa teman teman pelajari. Masing masing dari rangkaian elektronik ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing- masing.

Secara teori, rangkaian listrik terbagi menjadi tiga yakni rangkaian seri, rangkaian paralel, dan juga rangkaian campuran. Demikian juga dengan jenis jenisnya, yakni digital, analog, dan kombinasi keduanya. Berikut untuk detailnya :

  • Rangkaian Elektronik Digital

Jenis rangkaian yang satu ini merupakan pengembangan dari rangkaian elektronik analog. Dalam penggunaannya, rangkaian digitalhanya memiliki dua kondisi yaitu Low dan High. Keaidah ketetapannya yakni bernilai 1 jika high serta bernilai 0 jika kondisi low. Ada banyak sekali platform komponen elektronik yang menggunakan rangkaian digital ini, seperti misalnya komputer (PC), Laptop, dan juga jam digital.

  • Rangkaian Elektronik Analog

Dari namanya saja kita pasti bisa menebak bahwa rangkaian yang satu ini bersifat konvensional dan belum digital. Rangkaian analog ini memiliki nilai yang berubah ubah dimana perubahan tersebut terjadi secara pelan pelan (sedikit demi sedikit) tergantung pada kondisi skema yang ada didalamnya.

  • Rangkaian Elektronik Kombinasi

Jenis rangkaian elektronik yang terahir ini merupakan penggabungan. kombinasi dari kedua rangkaian diatas. Contoh rangkaian yang merupakan kombinasi antara rangkaian digital dan analog misalnya seperti ADC (Analog to Digital Converter), dan DAC (Digital to Analog Converter).

Tips Membuat Rangkaian Elektronika Sendiri

rangkaian elektronika sederhana

  • Pengetahuan

Langkah awal untuk membuat rangkaian yang menggunakan komponen elektronika adalah pengetahuan dan skill. Anda yang masih awam wajib belajar mengenai fungsi dan cara kerja. Selain itu, setiap skema memiliki bagian yang krusial misalnya tentang simulasi rangkaian elektronika dengan proteus. Agar berjalan lancar, pahami dahulu konsep lalu siap melakukan praktik.

  • Alat dan bahan

Alat dan bahan juga penting ketika ingin membuat rangkaian apapun. Anda membeli alat yang berguna untuk melakukan kerja. Bahan seperti IC, dioda, dan lainnya juga disiapkan dengan baik. Inilah alasan mengapa harus mengerti konsep agar tidak membeli bahan yang tidak perlu.

  • Mengerti skema

Bagian selanjutnya adalah mengerti skema. Anda sudah memiliki manual, contoh, dan gambaran bagaimana alat dan komponen dihubungkan. Ikuti satu per satu hingga menjadi rangkaian yang utuh.

Keuntungan Membuat Rangkaian Elektronika Sendiri

  • Belajar ilmu baru

Anda akan belajar ilmu baru setelah mengerti tentang listrik dan elektronik. Tentu saja, Anda dapat belajar secara mandiri atau mengikuti kursus. Yang terpenting adalah selalu melakukan praktek.

  • Menghemat biaya

Jika berhasil membuat sesuatu, hasil rangkaian elektronika justru menghemat biaya daripada alat jadi. Anda dapat membuat sesuatu yang berguna di rumah meskipun sebatas level sederhana.

Dari apa yang telah dijelaskan, Anda mengerti bagaimana menerapkan skema rangkaian elektronika. Jika berjalan lancar, alat sederhana justru bermanfaat di kehidupan harian. Selain itu, Anda akan memperoleh pengalaman dan skill yang berharga.

Related posts:
Gravatar Image
Pernah dua kali tersetrum listrik membuat mahasiswa kelahiran magetan ini menekuni bidang Teknik Elektronika!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *