Pengertian dan Jenis Rangkaian Flip Flop

Posted on

Flip Flop Adalah ?☑️ Berikut pengertian , jenis jenis, cara kerja dan contoh rangkaian flip flop sederhana (JK, SR, D, T)☑️

Ada tipe rangkaian bernama flip flop yang menggunakan dua input dan gerbang logika multivibrator bistabil. Contohnya adalah komputer yaitu chip dan memori serta beberapa alat elektronik lain.

Disisi lain, sistem ini justru mampu diterapkan pada lampu sederhana selama Anda mengerti cara kerja. Lalu apa yang dimaksud dengan flip flop ? Berikut detail pengertian, jenis, prinsip kerja dan juga contoh pada rangkaian elektronika sehari hari.

Flip Flop Adalah? 

flip flop adalah

Pengertian Flip flop adalah rangkaian logika yang terdiri dari dua input stabil serta mampu menyimpan data biner dimana outputnya berdasar atas nilai input dan keadaan logika output sebelumnya.

Rangkaian flip flop bisa juga disebut dengan komponen elektronika yang saling berhubungan dan bersifat seperti memori penyimpanan data. Data yang disimpan tersebut dapat diubah berdasarkan nilai inputan yang bervariasi

Dengan konsep multivibrator bistabil yang ada pada Flip-flop, membuat rangkaian ini memiliki tegangan listrik yang stabil dan segera berubah jika memang dipicu oleh elemen lain.

Rangkaian Flip- Flop pertama kali ditemukan oleh ilmuwan fisika asal Inggris yakni F. W. Jordan dan William Eccles tepatnya pada tahun 1918 di Negara Inggris.

Perlu Anda ketahui, flip-flop merupakan tipe rangkaian elektronika yang mampu menyimpan memori. Artinya, prinsip dari flip flop tersebut memang dibuat sedemikian hingga agar mampu melakukan penerapan logika. Berbagai tipe tersedia sesuai dengan variasi dan kebutuhan.

Jenis Jenis Flip Flop

Terdapat beberapa jenis rangkaian flip flop, diantaranya adalah S-R Flip-flop, D Flip-flop, T Flip-flop dan JK Flip-flop. Perbedaan utama dalam jenis flip-flop ini adalah jumlah input yang mereka miliki dan bagaimana mereka mengubah nilai.

Untuk setiap jenis, ada variasi berbeda yang meningkatkan operasi mereka. Untuk lebih mudah memahaminya, berikut kami paparkan detail ulasannya :

  • SR flip flop

SR Flip Flop
Rangkaian SR Flip Flop

Jenis jenis flip flop yang pertama adalah SR atat set dan reset. Di sistem ini, ada dua masukkan yaitu set dimana memulai alur untuk menjalankan tugas dan reset yaitu mengembalikan ke fungsi normal.

Rangkaian akan tampak seperti dua input dimana masing-masing terhubung ke output berbeda. Akan tetapi, ada koneksi di tengah dengan logika nor dan nand sehingga satu input misalnya set dapat mempengaruhi output yang lain.

Ini adalah tipe dasar dan dapat dikembangkan dengan beberapa variasi. Misalnya, posisi set dibalik ke reset lalu ditambah konjungsi kedua sebelum menuju output. Bagian ini bertugas menghubung S dan R secara langsung dengan perantara CP. Berikut tabel nilai inputan SR Flip-Flop :

S R Q Q
0 0 0 1
0 1 0 1
1 0 1 0
1 1
  • JK flip flop

JK Flip-Flop
Rangkaian JK Flip Flop

 

Jk flip flop memakai tiga input yaitu J, K, dan CLK dengan posisi CLK berada di tengah. Ini juga termasuk hasil pengembangan dari sistem SR. Yang menarik, ada koneksi dari input J dan K ke output terpisah secara langsung.

Tugas input CLK adalah memastikan ada koneksi dari J ke K dan sebaliknya serta mengaturnya agar sesuai. Dengan cara ini, K dapat mengirim ke output milik J lebih singkat tanpa harus masuk ke rangkaian utama.

JK Flip Flop

Ini merupakan sistem yang dibuat dengan beberapa layer sehingga tetap bekerja meskipun salah satu tidak berfungsi. Berikut tabel nilai inputan JK Flip-Flop :

J K Q Q
0 0 0 0
0 1 0 0
1 0 0 1
1 1 0 1
0 0 1 1
0 1 1 0
1 0 1 1
1 1 1 0
  • D flip flop

D Flip Flop
Rangkaian D Flip Flop

D flip flop adalah hasil modifikasi SR dengan tambahan inverter not. Posisi ini berada di bagian input CLK yang menggantikan R. Ada input utama adalah D.

Selanjutnya, rangkaian tersebut tetap menggunakan dua output serta konfigurasi yang sama dengan sistem SR. Dalam hal ini, output hanya dapat diubah di tepi jam, dan jika input berubah di lain waktu, output tidak akan terpengaruh. Berikut untuk tabelnya :

Clock D Q Q
↓ » 0 0 0 1
↑ » 1 0 0 1
↓ » 0 1 0 1
↑ » 1 1 1 0
  • T flip flop

T Flip Flop
Rangkaian T Flip Flop

Macam macam flip flop selanjutnya adalah tipe T yang hanya memakai satu input. Dari rangkaian dasar SR, input set dan reset dijadikan satu  serta diberi akses langsung ke dua output secara terpisah.

Ini merupakan sistem yang efektif untuk pengelolaan informasi yang statis dan jarang terjadi perubahan. Jenis T ini memiliki kemampuan untuk melengkapi Toggle, karena itulah nama lainnya adalah Toggle Flip Flop.

T Q Q (t+1)
0 0 0
1 0 1
0 1 1
1 1 0

Sumber : www.electronicsforu.com

Cara Kerja Flip-Flop

cara kerja flip flop

Pada dasarnya, cara kerja flip flop sama dengan cara kerja transistor sebagai saklar. Perhatikan gambar rangkaian flip-flop diatas, jika pada rangkaian tersebut diberi tegangan, maka salah satu transistor akan berada dalam kondisi ‘ON’.

Kondisi ON pada transistor tersebut mengikuti kapasitor yang nilai muatannya lebih tinggi dibandingkan kapasitor yang lainnya. Kapasitor ini akan melepas muatan listrik sehingga transistor yang terhubung akan berada dalam kondoso ON (sementara).

Transistor yang pada mode ON tersebut akan membuat kapasitor yang terhubung dengan kaki kolektor terisi muatan listrik. jika salah satu transistor dalam kondisi on maka transistor yang lain akan berada dalam konsi off.

Hal ini akan berlaku terus menerus secara bergantian sehingga terjadilah pergiliran nyala lampu yang disebut dengan lampu flip-flop. Demikianlah prinsip kerja flip-flop pada rangkaian elektronika.

Contoh Rangkaian Flip Flop Sederhana

Rangkaian flip flop sederhana dapat Anda pelajari dari tipe yang sederhana hingga kompleks. Anda perlu panduan agar mengerti bagaimana cara kerja rangkaian tersebut. Selanjutnya, siapkan komponen elektronik yang masih dasar lalu sambungkan.

Cara kerja flip flop tersebut dapat ditunjukkan dengan skema lampu flip flop. Berikut beberapa contoh alat yang menggunakan rangkaian flip flop sederhana :

  • Rangkaian Flip-Flop Lampu LED 12 volt
rangkaian lampu flip flop
Rangkaian Flip Flop Lampu LED

Rangkaian lampu flip flop sebenarnya jarang diterapkan di rumah. Namun, sistem ini berguna untuk belajar bagaimana cara kerja dan pola yang dipakai.

Anda dapat membuat rangkaian tersebut dengan bahan dan komponen elektronika yang mudah diperoleh seperti pada rangkaian lampu flip flop 12 volt pada contoh gambar diatas.

  • Rangkaian Flip-Flop Komputer & smartphone
contoh rangkaian flip flop
Rangkaian Flip Flop Memory PC

Flip flop sangat sering diterapkan untuk sistem chip di komputer atau smartphone. Dengan rangkaian ini, Anda mengenal adanya RAM yang bekerja berdasarkan fungsi logika. Selain itu, ada juga sistem digital contohnya jam di laptop yang seolah tidak berhenti saat alat dimatikan.

Di smartphone dan tablet, flip flop ini mengalami perkembangan yang cukup drastis karena menyesuaikan dengan kebutuhan ruangan. Sistem juga lebih kompleks tetapi prinsip dasarnya tetap sama sesuai jenis dan tipe yang telah dijelaskan sebelumnya.

  • Rangkaian Flip-Flop pada Alat elektronik
contoh rangkaian flip flop sederhana
Rangkaian Flip Flop TV

Penerapan lain flip flop adalah alat elektronik. Seperti chip, produsen menempatkan sistem yang kompleks dengan tujuan efisiensi. Anda juga menemukan teknologi ini pada alat seperti televisi, radio, dan lainnya.

  • Rangkaian Flip- Flop Sederhana Pada Papan PCB

rangkaian flip flop sederhana

Contoh lain dari rangkaian flip flop sederhana adalah sebuah board yang sudah berisi beberapa komponen menjadi satu. Ini merupakan versi simulasi dari chip yang dipakai komputer dan alat elektronik. Anda dapat membelinya di toko listrik terdekat. Fungsi lain sebagai komponen ketika membuat alat berbasis teknologi ini.

Info Elektronika Lainnya :
Gerbang Logika Rangkaian Inverter
Listrik Statis Rangkaian Listrik

Anda telah mengerti penerapan rangkaian dan sistem ini. Secara umum, hasilnya adalah dua dan berbentuk digital yaitu sinyal 0 dan 1 atau simbol lain. Rangkaian tersebut dapat saling terhubung satu dengan lain sehingga menciptakan bentuk kompleks seperti chip.

Flip flop membutuhkan konsep logika yang kuat untuk memahaminya. Disisi lain, gambar dan skema akan membantu untuk mengerti cara kerja. Selanjutnya, skema tersebut diolah sehingga membentuk rangkaian berdasarkan berbagai kemungkinan.

Keyword :

contoh implementasi dari rangkaian flip flop

Related posts:
Gravatar Image
Mahasiswa telat lulus yang lagi hobi mempelajari Ilmu Elektronika!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *