Contoh Rangkaian Star Delta Motor 3 Fasa

4 min read

Rangkaian star delta otomatis umumnya digunakan untuk motor listrik berkapasitas besar. Konfigurasi ini berfungsi untuk mengurangi lonjakan nilai arus saat starting. Perpindahan antara star ke delta diatur waktunya secara otomatis oleh timer.

  • Contoh Rangkaian Motor Star Delta

contoh gambar rangkaian star delta

Rangkaian star dan delta bisa Anda kombinasikan menjadi satu, namun untuk pengoperasiannya sebaiknya gunakan rangkaian star dulu. Hal tersebut untuk membuat koneksi berjalan secara lancar, tanpa adanya kekhawatiran bahwa motor memiliki lonjakan tegangan yang tinggi.

Setelah menggunakan rangkaian star, Anda bisa menggunakan rangkaian delta sebagai langkah lanjutan. Ini akan membuat sistem motor menjadi lebih stabil dibandingkan dengan sebelumnya. Perhatikan spek masing-masing rangkaian sebelum digunakan,

Ada beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan dengan rangkaian listrik ini. Misalnya, kebutuhan arus yang tinggi pada motor bisa Anda penuhi.

Kecepatan putaran motor juga demikian, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Torsi yang ada juga lebih kuat, sehingga tidak lemah dari penggunaan sisi masing-masing rangkaian star delta yang dipakai.

Video Penunjang Cara Membuat Rangkaian Star Delta 3 Phase

YouTube player

Sumber : Youtube.com Via Channel Ahmad Sulthoni

Jangan Lewatkan Ragam Contoh Konfigurasi Rangkaian Lainnya :
Contoh Rangkaian Rectifier Contoh Rangkaian Sensor Cahaya
Contoh Rangkaian Elektronika Sederhana Contoh Rangkaian Flip Flop

Itulah penjelasan ringkas mengenai rangkaian star delta versi wikielektronika.com, semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan Anda yang memang masih kurang paham mengenai rangkaian tersebut.

Anda bisa menambah pengetahuan lain mengenai rangkaian ini dengan menggunakan buku, artikel atau pengetahuan yang lebih valid dan relevan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.