Cara Reset Printer Epson L120

3 min read

Cari link Download Resetter Epson L120 Terbaru?☑️ Baca dulu Panduan reset printer Epson L120 & Solusi Mengatasi Error yang Sering terjadi☑️

Epson memiliki banyak tipe dan seri printer yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Salah satu yang bisa Anda gunakan untuk membantu kebutuhan pencetakan harian Anda adalah Epson L120.

Anda pemilik seri ini juga butuh cara reset dengan resetter Epson L120 kalau-kalau suatu saat printer Anda mengalami error.

Printer Epson L120

Epson L120

Review printer Epson L120 secara singkat bisa dimulai dari desainnya. Printer ini memiliki ukuran paling kecil diantara seri yang lain. Ini merupakan print dengan fungsi tunggal sehingga tidak membutuhkan banyak fitur tambahan.

Harganya terjangkau dengan fungsi tunggal membuat printer ini cocok digunakan untuk kebutuhan kantor, pelajar atau mahasiswa di rumah. Karena itulah printer ini cukup banyak dicari dan digunakan.

Kelebihan dan Kekurangan Epson L120

Hal lain yang perlu Anda ketahui tentang printer ini adalah kelebihan dan kekurangan Epson L120. Berikut adalah poin-poin kelebihan dan kekurangannya.

  • Hemat Tinta

Printer Epson seri L120 ini dikenal sebagai printer yang hemat tinta, bahkan ketika digunakan tanpa mode draft. Sebagai contoh, untuk print warna cuma membutuhkan biaya sebesar Rp 35 saja.

  • Isi Ulang Tinta Mudah

Kemasan isi ulang tintanya didesain agar mudah diarahkan ke tabung tinta. Selain itu, adanya tabung khusus semakin menjamin aliran tinta lebih lancar saat diisi ulang.

  • Kecepatan Cetaknya Tinggi

Printer ini juga unggul dalam hal kecepatan cetak. Untuk mencetak hitam putih, kecepatannya mencapai 4,5IPM untuk cetak warna dan 8,5IPM untuk hitam putih. Kapasitas cetaknya pun banyak, untuk hitam putih bisa mencetak hingga 4500 lembar dan 7500 lembar untuk berwarna.

Error yang Sering Dialami Epson L120

Setelah membahas kelebihan dan kekurangannya, Anda juga harus waspada terjadinya error. Error ini biasanya diindikasikan dengan lampu indikator berkedip. Penyebab printer L120 error kedip-kedip biasanya adalah adanya masalah pada software ataupun hardwarenya.

Biasanya, jika terjadi error ini printer jadi tidak bisa mencetak. Error tersebut terjadi umumnya disebabkan karena tinta pada cartridge yang kotor atau meluber. Bisa juga disebabkan karena counter ink pada penuh. Berikut beberapa jenis error pada printer epson L120 :

  • Fatal errors
  • Ink pad is at the end its service live
  • Service Required
  • Red light blinking
  • It is nearly time to reset the ink levels
  • Nozzle check putus
  • It is time to reset the ink levels
  • Ink waste Full
  • Lampu tinta dan kertas berkedip bersamaan
  • Hasil print bergaris
  • Warna tidak keluar
  • Printer menyala tapi head tidak bergerak

Download Resetter Epson L120

Setelah anda mengetahui review singkat spesifikasi printer Epson L120 diatas, selanjutnya bisa langsung anda download resetter epson L120 maupun driver official printer epson L120 ini melalui tautan dibawah :

Download Resetter Epson L3110

Download Driver Epson L3110

Cara Reset Epson L120

resetter Epson L120

Reset Epson L120 Menggunakan Resetter :

  • Unduh Software Resetter

Langkah awal untuk reset Epson L120 adalah Anda harus unduh resetter Epson. Pastikan Anda download resetter Epson L120 terbaru. Setelah itu, ekstrak file download resetter tadi.

  • Matikan Windows Defender pada Laptop/ PC

Terkadang sistem pada windows akan membaca file resetter tersebut sebagai virus. Jika itu terjadi, matikan windows defender anda untuk sementara, langkah langkahnya sebagai berikut :

Klik Tombol “Start” lalu ketik “Windows Security”. Selanjutnya pilih menu “Virus & Threat Protection” dan pilih “Manage Setting”, kemudian pada menu sebelah kanan pilih “Real Time Protection” dengan menggeser “scroll kearah kiri (OFF)”.

  • Extract dan Jalankan Aplikasi Resetternya

Setelah resetter Epson L120 sudah diekstrak, langkah berikutnya buka file dengan nama L210.exe. Setelah terbuka selanjutnya akan muncul kotak dialog. Perhatikan pada bagian dengan tulisan ‘Model’. Jika sudah sesuai bernama L120, lanjutkan dengan klik pada tombol ‘Particular Adjusment mode’.

Jika belum, klik tombol ‘Select’ lalu pada bagian yang sama, cari tipe L120. Kemudian pada bagian menu ‘Port’ pilih pada opsi ‘Auto selection’ lalu klik OK. Kemudian pilih ‘Particular Adjusment mode’.

  • Pilih Maintenance + Waste ink pad counter

Setelah dialihkan ke menu berikutnya, gulir ke bawah sampai menemukan pilihan Maintenance. Lalu, klik pada pilihan ‘waste ink pad counter’. Klik OK

  • Beri Centang ‘Main pad counter’ > Check > Initialize

Setelah itu Anda akan dialihkan ke tampilan selanjutnya. Pada tampilan ini beri centang pada opsi ‘main pad counter’ kemudian dilanjutkan dengan klik ‘Check’. Tujuan klik check ini adalah untuk menampilkan informasi-informasi penting tentang printer.

Jika sudah, beri centang pada ‘main pad counter’ lagi, lalu dilanjutkan dengan klik tombol ‘initialize’. Ketika muncul pop up message klik saja OK.

  • Matikan Lalu Nyalakan Lagi Printer

Terakhir, matikan printer lalu nyalakan lagi. Perhatikan lampu indikatornya apakah masih menunjukkan blinking atau tidak. Jika tidak berarti proses reset berhasil.

Reset Epson L120 Secara Manual :

Selain menggunakan software resetter, cara reset printer Epson L120 juga bisa dilakukan secara manual. Cara ini tidak membutuhkan Anda untuk mendownload aplikasi resetter.

Untuk cara manual ini, Anda harus mematikan printer lebih dulu, lalu cabut kabel dayanya. Tunggu beberapa saat sebelum melakukan langkah selanjutnya.

  • Nyalakan lagi printer lalu tekan sambil tahan tombol resume selama 5-10 detik, lepaskan. Sesudah dilepaskan, umumnya indikator tinta yang sebelumnya blinking akan menghilang. Jika begitu, maka printer siap digunakan.
  • Apabila indikator masih berkedip-kedip lakukan langkah yang sama. Tekan tombol resume sambil ditahan. Namun kali ini lebih singkat, yaitu 5 detik lalu lepaskan. Lakukan langkah yang sama selama 3 detik, lepas. Selanjutnya tekan lagi 1 detik. Antara proses menekan satu dengan lainnya harus dalam interval yang cepat.
  • Nyalakan lagi printer. Umumnya setelah melakukan tahap ini printer akan bisa digunakan kembali.

Dengan menggunakan dua cara di atas, Anda bisa memperbaiki error yang terjadi pada printer Epson L120 sendiri ketika mengalami error yang ditandai dengan blinking.

Materi Pembelajaran Lainnya :
Komponen Elektronika Dasar Cara Menggunakan Jangka Sorong
Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup Cara Menghitung Resistor

Baik dengan download resetter Epson L120 atau cara manual, keduanya bisa Anda gunakan untuk mereset printer Epson yang error. Demikianlah informasi yang bisa wikielektronika.com sajikan, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *