Cara Reset Printer Epson L3110

4 min read

Butuh link Download Resetter Epson L3110 Terbaru?☑️ Baca dulu Panduan reset printer Epson L3110& Solusi Mengatasi Error yang Umum terjadi☑️

Epson sebagai sebuah merek printer yang sudah mendunia senantiasa mengeluarkan inovasi terbaru pada setiap produk yang diluncurkan. Begitu pula pada Epson L3110.

Meski demikian, pengguna tetap harus mewaspadai adanya error yang pasti terjadi. Untuk itu, mempelajari tentang resetter Epson L3110 adalah sebuah keharusan.

Printer Epson L3110

resetter epson L3110
Via : hitechcomputer.co.id

Sebelum mencari tahu resetter epson L3110 dan bagaimana cara reset printer Epson, sedikit review printer Epson L3110 ini mungkin akan sedikit membantu. Epson L3110 ini adalah pengganti dari seri sebelumnya yaitu L310. Sebagai pengganti, tentu ada peningkatan yang dibawa oleh seri ini.

Salah satu improvisasi dari seri terbaru Epson ini bisa dilihat pada desainnya, terutama pada bagian tabung tinta. Bagian tabung tinta L3110 langsung menyatu dengan badan printer di bagian depan.

Hal ini tentu bisa lebih efisiensi ruang. Ditambah lagi untuk pengisian pun lebih mudah. Secara umum, dari segi desain, seri ini tampil dengan tampilan lebih elegan. Berikut Spesifikasinya :

Tanggal rilis: Oktober 2018

Dimensi: 375 x 347 x 179 mm

Berat: 3,9 kg

Fitur: Printer, Scan, Copy

Resolusi: 5760 x 1440 dpi (with Variable-Sized Droplet Technology)5760 x 1440 dpi (with Variable-Sized Droplet Technology)

Jumlah tray: 1

Input paper: 100 sheets-A4 / Letter Plain paper; 20 sheets-Premium Glossy Photo Paper ; 30 sheets-Postcard

Output paper: 30 sheets, A4 plain paper; 20 sheets, Premium Glossy Photo Paper

Tipe Scanner: Flatbed colour image scanner

Tipe copy: Colour / Black-and-White; Draft / Standard

Interface: USB 2.0

OS compatibility: Windows XP / Vista / 7 / 8 / 8.1 / 10; Windows Server 2003 / 2008 / 2012 / 2016; Mac OS X 10.6.8 atau sesudahnya

Kelebihan dan Kekurangan Epson L3110

Beranjak dari aspek desain, ada beberapa aspek lain yang diklaim merupakan keunggulan dari printer Epson seri ini. Ada kelebihan tentu ada kekurangan juga. Nah, berikut adalah kelebihan kekurangan Epson L3110.

  • Proses Print Lebih Cepat

Untuk mencetak dokumen hitam putih, kecepatan mencetaknya bisa mencapai 33 lembar per menit. Sementara untuk mencetak warna kecepatannya adalah 15 lembar per menit.

  • Lebih Hemat Tinta

Berdasarkan klaim dari Epson, seri L3110 adalah printer yang lebih hemat tinta. Untuk 4 botol tinta bisa mencetak hingga 4500 halaman hitam putih dan 7500 halaman berwarna. Desainnya juga memungkinkan pengisian tinta lebih mudah, sehingga tidak mudah tumpah.

  • Hasil Cetak Foto Kurang Maksimal

Sedangkan untuk kekurangan yang harus diantisipasi pengguna Epson L3110 adalah ketika digunakan untuk mencetak foto. Hasil cetak fotonya masih terbilang kurang maksimal, karena memang printer ini bukan perangkat khusus yang dibuat untuk mencetak foto, melainkan untuk mencetak dokumen.

Download Resetter L3110 Plus Driver

Untuk teman teman yang sedang membutuhkan link download resetter epson L3110 maupun driver printer epson L3110 pada laptop windows 7 – windows 10, silahkan teman teman download melalui tautan yang kami sediakan dibawah ini :

Download Resetter Epson L3110

Download Driver Epson L3110

Cara Reset Printer Epson L3110

printer epson L3110

Reset Epson L3110 dengan Aplikasi Resetter :

  • Download Resetter Epson L3110

Langkah pertama, download resetter Epson L3110 terbaru di perangkat PC Anda. Software ini bisa Anda dapatkan di berbagai situs khusus teknologi yang banyak tersebar di internet. Salah satunya melalui link download yang kami sediakan diatas.

  • Matikan Windows Defender pada Laptop/ PC anda untuk Sementara

Terkadang sistem pada windows akan membaca file resetter tersebut sebagai virus. Jika itu terjadi, matikan windows defender anda untuk sementara, langkah langkahnya sebagai berikut :

Klik Tombol “Start” lalu ketik “Windows Security”. Selanjutnya pilih menu “Virus & Threat Protection” dan pilih “Manage Setting”, kemudian pada menu sebelah kanan pilih “Real Time Protection” dengan menggeser “scroll kearah kiri (OFF)”.

  • Ekstrak File Download, Jalankan

Jika sudah berhasil terdownload, langkah selanjutnya ekstrak file resetter Epson L3110 tadi. Setelah itu buka aplikasi dengan nama ‘AdjProg’  dan klik kanan pada file tersebut lalu pilih ‘Run as Administrator’. Setelah terbuka kotak dialog resetter, klik pada tombol ‘Select’.

  • Ubah ‘Model Name’

Setelah itu, tampilan akan dialihkan ke menu berikutnya. Pada menu ini, pada bagian ‘Model Name’, ubah menjadi seri L3110. Setelah itu pada kolom ‘Port’ pilih pada opsi ‘Auto selection’. Lalu tekan OK.

  • Pada ‘Particular Adjusment Mode’ Pilih ‘Maintenance’ > Waste Ink Pad Counter

Jika sudah, kotak dialog berikutnya akan ditampilkan pilih pada opsi ‘Particular Adjusment Mode’. Setelah itu akan dialihkan ke dialog box berikutnya. Jika sudah, scroll ke bawah hingga menemukan menu ‘Maintenance’ lalu pilih pada opsi ‘waste ink pad counter’ klik OK.

  • Ceklis pada Main Pad Counter dan Platen Pad

Pada tampilan berikutnya aka nada pilihan ‘Main pad counter’ & ‘Platen pad’. Beri ceklis pada kedua pilihan tersebut. Lalu klik pada tombol ‘initialize’. Selanjutnya proses reset akan dimulai. Jika proses reset sudah selesai, selanjutnya akan muncul notifikasi berbunyi ‘please turn off and turn on your printer’. Klik OK

  • Matikan printer lalu nyalakan kembali setelah beberapa saat. Perhatikan lampu indikator printer. Kalau sudah tidak berkedip berarti proses reset sudah berhasil.

Video Pendukung :

YouTube player

Source  : Youtube .com Via Wi Channel 

Reset Printer Epson L3110 Secara Manual :

Ketika mengalami kendala atau error yang ditandai dengan blinking, printer membutuhkan proses reset. Cara reset printer Epson L3110 pertama bisa dilakukan secara manual. Untuk melakukan reset manual ini, matikan dulu printer serta cabut kabel daya dari terminal selama 3-5 menit. Setelah itu ikuti langkah berikut.

  • Colokkan lagi kabel daya kemudian nyalakan printer seperti biasa dengan menekan tombol power.
  • Jika sudah menyala, selanjutnya tekan dan tahan pada tombol resume dengan logo kertas/tinta selama 5 detik. Lepaskan. Lakukan langkah yang sama, tapi kali ini selama 3 detik, lalu lepaskan.
  • Tunggu sampai proses reset selesai. Jika berhasil, maka lampu indikator kertas/tinta akan berhenti blinking (berkedip).

Error yang Sering Terjadi pada Epson L3110

Selain kekurangan yang sudah disebutkan di atas, masalah error juga masih harus diwaspadai oleh penggunanya. Error yang terjadi biasanya ditandai dengan lampu berkedip-kedip atau blinking. Penyebab printer Epson L3110 error kedip kedip biasanya berasal dari hardware atau software printer sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *