Cara Reset Printer Epson L360

3 min read

Berikut link Download Resetter Epson L360☑️ Lengkap dengan Panduan reset printer Epson L360 & Solusi Mengatasi Error yang umum terjadi☑️

Printer merupakan sebuah perangkat yang umumnya digunakan baik untuk kebutuhan pribadi, di kantor, sekolah maupun untuk kebutuhan bisnis. Salah satunya adalah printer Epson L360.

Namun tak jarang dalam masa penggunaannya, Anda akan mengalami kendala sehingga membuat printer mau tidak mau harus direset. Proses reset ini biasanya dilakukan dengan bantuan resetter Epson L360.

Printer Epson L360

epson L360

Sebelum mulai mempelajari langkah-langkah reset, mari memulai dengan review printer Epson L360 secara singkat terlebih dahulu. Printer ini merupakan salah satu produk unggulan Epson yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau.

Dengan menggunakan printer ini, Anda bisa mencetak hingga kecepatan 33 lembar per menit. Printer ini termasuk ke dalam jajaran printer kelas atas yang mana selain mampu mencetak banyak per menit, kualitas cetaknya juga tidak mengecewakan. Bahkan untuk mencetak foto, kualitas hasil cetaknya justru semakin baik.

Keunggulan dan Kelemahan Epson L360 :

Bukan tanpa alasan jika Epson L360 ini menjadi salah satu printer andalan. Printer ini menawarkan berbagai keunggulan yang pasti menjadi pertimbangan. Adapun kelebihan dan kekurangan Epson L360 ini adalah:

  • Fitur All-in-One

Printer ini memiliki fitur all-in-one yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai fungsi dalam satu perangkat. Selain mencetak dokumen, Anda juga bisa mencetak foto menggunakan satu perangkat ini.

  • Berbagai Fungsi dalam 1 Sentuhan

Keunggulan lain dari printer ini adalah Anda bisa menjalankan berbagai fungsi dan fitur yang sudah diberikan hanya dengan satu sentuhan. Printer ini bisa mencetak, scan dan copy sekaligus, dan semuanya bisa dilakukan dengan mudah.

  • Tidak ada Wifi dan Layar LCD

Sayangnya dari berbagai keunggulan yang ditawarkan tadi, printer ini masih memiliki kekurangan. Epson L360 ini belum dilengkapi dengan fitur wifi sehingga untuk penggunaannya masih harus menggunakan USB. Begitu pun layar LCD yang masih belum ada untuk membantu pengoperasian jadi lebih mudah.

Kapan Epson L360 Butuh Reset

resetter epson l360

Printer Epson butuh reset adalah saat printer mengalami error yang ditandai dengan lampu indikator berkedip kemudian printer juga tidak bisa mencetak dokumen.

Penyebab printer Epson L360 error kedip kedip biasanya adalah karena waste ink full atau counter pembuangan tinta penuh.

Kesalahan seperti ini biasanya terjadi secara sistemik. Maksudnya, printer pada umumnya sudah disetting oleh produsen untuk mencetak berapa ribu lembar atau mencetak dalam waktu berapa lama.

Apabila melebihi setting yang sudah dibuat biasanya akan secara otomatis muncul peringatan agar printer tersebut segera direset. Beberapa error yang seringkali terjadi pada printer epson L360 adalah sebagai berikut :

  • Red light blinking
  • It is nearly time to reset the ink levels
  • Nozzle check putus
  • It is time to reset the ink levels
  • Lampu tinta dan kertas berkedip bersamaan
  • Hasil print bergaris
  • Warna tidak keluar
  • Printer menyala tapi head tidak bergerak
  • Fatal errors
  • Ink pad is at the end its service live
  • Service Required
  • Ink waste Full

Download Resetter Epson L360

Setelah anda mengetahui segudang permasalahan yang umum terjadi pada pronter L360 ini, berikutnya anda bisa melakukan reset printer anda menggunakan resetter Epson L360 terbaru 2021 melalui tautan yang kami sediakan dibawah ini :

Cara Reset Epson L360

printer epson L360

Untuk melakukan reset pada printer Epson L360, anda bisa menggunakan 2 metode. Yang pertama ialah mereset printer secara manual, dan yang kedua bisa anda lakukan menggunakan aplikasi tesetter epson L360. Berikut langkah langkahnya :

1. Cara Reset Epson L360 Manual

Nah, setelah Anda tahu apa saja yang membuat printer ini membutuhkan reset, selanjutnya Anda bisa mulai belajar bagaimana cara resetnya. Cara reset printer Epson L360 bisa dilakukan dengan 2 metode yaitu secara manual dan dengan bantuan resetter. Berikut ini adalah langkah-langkah reset manual.

  • Pastikan printer dalam keadaan OFF serta kabel power sudah tercabut dari stop kontak. Biarkan dulu printer dalam keadaan mati ini selama kurang lebih 5 menit.
  • Pasang kembali kabel power ke stop kontak. Nyalakan lagi printer sampai printer kembali hidup.
  • Tekan tombol resume sambil tahan selama kurang lebih 5 detik. Selanjutnya lepaskan.
  • Tekan kembali tombol resume sambil ditahan selama kurang lebih 3 detik, lalu lepaskan.
  • Tunggu selama kurang lebih 1 menit sampai proses reset berjalan. Jika proses reset selesai, maka pengaturan printer akan kembali pada pengaturan default dan printer akan normal kembali.

2. Cara Reset Epson L360 dengan Resetter

YouTube player

Video Pendukung : Via Youtube.com channel Sir Andi

Metode selanjutnya yang bisa digunakan untuk mereset printer Epson L360 ini adalah dengan bantuan resetter. Dengan menggunakan resetter Epson L360 ini, maka proses reset akan berlangsung secara otomatis.

  • Download Resetter Epson

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah download resetter Epson terlebih dahulu. Anda bisa mengunduhnya melalui tautan yang kami sediakan diatas. Pastikan Anda download resetter Epson L360 terbaru.

  • Matikan Windows Defender pada Laptop/ PC

Terkadang sistem pada windows akan membaca file resetter tersebut sebagai virus. Jika itu terjadi, matikan windows defender anda untuk sementara, langkah langkahnya sebagai berikut :

Klik Tombol “Start” lalu ketik “Windows Security”. Selanjutnya pilih menu “Virus & Threat Protection” dan pilih “Manage Setting”, kemudian pada menu sebelah kanan pilih “Real Time Protection” dengan menggeser “scroll kearah kiri (OFF)”.

  • Ekstrak File Download

Jika resetter Epson sudah terunduh, langkah selanjutnya adalah ekstrak file hasil download tersebut. Setelah proses ekstrak selesai, berikutnya install software tersebut di laptop atau komputer Anda.

  • Buka Aplikasi Resetter Epson L360, Lakukan Tahap Reset

Setelah sudah terinstal di laptop atau computer Anda, berikutnya buka aplikasi tersebut untuk mulai menjalankannya. Jika ada dialog box yang muncul, pilih Epson L360 pada kolom ‘Model Name’.

  • Klik pada ‘Particular Adjusment Mode’

Pada kotak dialog yang muncul selanjutnya, klik pada pilihan ‘Particular Adjustment Mode’. Setelah itu akan muncul berbagai pilihan adjustment. Pilih pada opsi ‘Waste ink pad counter’ lalu klik OK.

  • Centang pada Main Pad Counter

Jika sudah dialihkan ke dialog box berikutnya, berikan tanda centang pada opsi ‘Main Pad Counter’, kemudian klik pada menu ‘check’ yang ada di bagian bawah. Berikutnya pastikan pada opsi ‘Main Pad Counter’ masih tercentang, lalu tekan tombol ‘Initialize’ kemudian klik OK.

Setelah itu, matikan printer saat sudah ada pemberitahuan untuk mematikan. Diamkan selama beberapa waktu lalu nyalakan kembali.

Materi Pembelajaran Lainnya :
Komponen Elektronika Dasar Download Resetter Epson L120
Download Resetter Epson L3110 Rangkaian Elektronika Sederhana

Itu tadi adalah penjelasan singkat dari wikielektronika.com mengenai panduan bagaimana cara reset printer Epson L360 secara manual dan menggunakan resetter Epson L360 terbaru 2021. Semoga dengan penjelasan ini bisa membantu Anda dalam memperbaiki printer Epson saat bermasalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *