Cara Menghitung Rumus Daya Listrik

Posted on

Daya Listrik adalah ?☑️ Berikut pengertian, satuan dan rumus daya listrik☑️ Beserta 5 contoh soal menghitung rumus daya listrik☑️

Listrik sangat dibutuhkan masyarakat untuk berbagai keperluan. Ini merupakan penemuan yang mengubah peradaban dunia. Saat memakai listrik, ada istilah daya terutama jika mengecek meteran dari PLN.

Angka-angka yang tertera dapat menjadi data untuk penerapan rumus daya listrik. Jika mengetahui rumus, anda akan mengerti cara pakai listrik dan alat elektronik yang benar serta aman.

Daya Listrik Adalah ?

daya listrik

Pengertian daya listrik adalah tingkat laju transfer energi listrik yang ada pada rangkaian elektronika akibat adanya perubahan usaha dan muatan listrik tiap satuan waktu. Contoh alat yang dapat menyalurkan daya listrik adalah generator listrik (untuk skala besar) dan baterai listrik (untuk skala kecil).

Selain kedua alat elektronika diatas, daya listrik juga umum digunakan pada sektor bisnis maupun rumah tangga yang biasanya memanfaatkan pasokan listrik dari jaringan tenaga listrik pemerintah (PLN).

Penggunaan daya listrik diukur oleh PLN dengan menggunakan meteran listrik, yang menjaga total energi listrik yang didistribusikan ke konsumen. Berikut konsep dasar mengenai daya listrik.

Konsep Dasar Daya Listrik :

  • Energi per satuan waktu

Daya listrik dikenal pula sebagai power dimana merupakan energi yang digunakan untuk menjalankan komponen-komponen listrik sehingga berfungsi sesuai tujuan dalam waktu tertentu.

Daya juga dapat diartikan sebagai usaha untuk memindahkan atau mengerjakan sesuatu per satuan waktu. Di fisika, daya tidak mempunyai arah sehingga perhitungan tidak perlu memikirkan plus dan minus.

  • Penggunaan arus dan tegangan

Seperti dilansir oleh situs wikipedia.org, tedapat konsep lain mengenai daya listrik adalah kapasitas atau power yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu rangkaian listrik. Power seperti ini berasal dari beda potensial, muatan listrik, dan satuan waktu. Potensial tersebut menyebabkan beda tegangan dan muatan listrik yang bergerak disebut arus.

Satuan Daya Listrik

daya listrik adalah

Satuan daya listrik adalah watt (W), dimana 1 Watt = 1 Joule/detik. Menurut Satuan Internasional, daya listrik dilambangkan dengan simbol huruf P yang pada perhitungannya memiliki satuan kg·m²/s³. 

Untuk lebih jelas dalam memahami satuan daya listrik menurut SI ( Standar International), berikut kami paparkan tabel berisi simbol dan satuan daya listrik yang dilengkapi dengan satuan satuan kelistrikan lainnya.

Kuantitas Simbol Satuan
Daya Listrik P watt (W) = J/s kg·m²/s³
Frekuensi f hertz (Hz) 1/s
Muatan Listrik Q coulomb (C) = A·s A·s
Arus Listrik I ampere (A) = Q/s A
Hambatan R ohm (Ω) = V/A kg·m²A²·
Tegangan V volt (V)= W/A kg·m²/A·
force F newton (N) kg·m/s²
pressure p pascal (Pa) = N/m² kg/m·
energy E work joule (J) = N·m kg·m²/s²
capacitance C farad (F) = C/V = A·s/V = s/Ω  ·s4/kg·
inductance L henry (H) = Wb/A = V·s/A kg·m²/A²·
conductance G siemens (S) = A/V ·s³/kg·
magnetic flux Φ weber (Wb) = V·s kg·m²/A·
flux density B tesla (T) = Wb/m² = V·s/m² kg/A·

Tabel Via : www.sengpielaudio.com

Perbedaan Satuan Watt (W) dengan Horsepower (HP) :

Selain memiliki satuan international Watt (W), pada kasus tertentu daya listrik juga memiliki satuan lain yaitu Horsepower (HP). Untuk lebih mudah memahaminya, berikut kami lampirkan perbedaan satuan watt (W) dengan Horsepower (HP) pada daya listrik :

  • Satuan Watt

Satuan daya listrik yang dikenal banyak orang adalah watt dengan simbol W. Untuk daya 1000 watt menjadi kilowatt dan seterusnya mengikuti sistem yang baku. Watt berasal dari penemu mesin uap dari Inggris. Sebenarnya, watt tersebut berasal dari joule per sekon berdasarkan rumus daya.

  • Satuan Horsepower

Satuan lain adalah horsepower yang sering dipakai pada motor, mobil, kapal, pesawat terbang, dan mesin. Perhitungan satu horsepower sama dengan 746 watt. Sistem konversi seperti ini berguna agar performa dan kinerja mesin lebih mudah diukur. Istilah horsepower berarti tenaga kuda berasal dari penggunaan hewan tersebut untuk menarik kereta.

Rumus Daya Listrik

rumus daya listrik

Menurut satuan international, rumus menghitung  daya listrik adalah P = V x I, dimana P adalah Daya listrik (W), V adalah Tegangan Listrik (V), dan I adalah arus listrik (A).

Jika kita mengacu pada Hukum Ohm, kita melihat bahwa V = I.R , dengan demikian ada bentuk lain dari rumus daya listrik untuk sebuah resistor. Daya memiliki satuan Watt, kemudian penting untuk anda ketahui bahwa Watt = Joule per detik. (1 W = 1 J/s). Disinilah muncul turunan rumus daya listrik yaitu :

P = I2R
P = V2/R

Dimana :

P adalah daya listrik (W)

V mengacu pada perbedaan tegangan (V= J/C)

I adalah arus listrik (A = C/s)

R mengacu pada resistansi (Ω = V/A)

Untuk lebih mudah dalam melakukan perhitungan rumus daya listrik diatas, berikut kami paparkan juga tabel berisi kelipatan satuan Watt yang bisa anda simak :

Arus Nama Singkatan
10-15 watts femtowatts fW
10-12 watts picowatts pW
10-9 watts nanowatts nW
10-6 watts microwatts µW
10-3 watts milliwatts mW
watts watts W
103 watts kilowatts kW
106 watts Megawatts MW

Rumus daya listrik diturunkan dari konsep dan definisi daya yang telah diketahui. Simak daftar berikut untuk mengetahui lebih jelasnya.

  • Rumus Daya sebagai penggunaan energi

P = E/T atau P = VQ/ T

Secara umum, daya dapat dihitung dengan cara besaran usaha atau energi per satuan waktu. Konsep ini berlaku untuk tipe dan varian daya apa saja termasuk listrik. Simbol dari daya adalah P yaitu representasi dari kata power.

  • Tegangan dan arus

P = V.i

Menghitung daya listrik selanjutnya berdasarkan konsep kedua yaitu daya merupakan penggunaan tegangan dan arus sehingga anda hanya perlu mengalikan kedua variabel tersebut sehingga P = Vi.

  • Hambatan listrik

I = V/R maka P = VI 

Rumus di nomor 2 dapat diturunkan dengan substitusi tegangan atau arus berdasarkan rumus hambatan. Misalnya, anda ingin mengetahui daya di resistor tertentu dimana nilai arus diketahui.

Ganti V menjadi Ri sehingga rumus daya adalah hambatan kuadrat dikali arus. Dengan cara yang sama, anda dapat mengganti I dengan V/R lalu substitusi ke rumus daya.

Contoh Soal Menghitung Daya Listrik

listrik

Guna mempermudah dalam memahami rumus daya listrik diatas, berikut kami ulas contoh soal menghitung daya listrik lengkap dengan jawaban dan pembahasannya untuk latihan anda.

1. Sebuah baterai 9V dihubungkan pada sebuah resistor yang memiliki nilai hambatan 10 . Berapa arus dan daya yang melintasi resistor tersebut?

Pembahasan:

I = V/R = 9/100 = 0,9 A

P = VI = 9 × 0,9 = 8,1 J/s atau 8,1 W

Jadi daya listrik yang melintasi resistor diatas adalah 8,1 Watt

2. Sebuah resistor memiliki nilai beda potensial 24,0 V dan memancarkan energi panas. Laju energi panas yang dihasilkan resistor tersebut adalah 16,0 W. Berapakah nilai hambatannya?

Pembahassan :

Jadi Nilai hambatan pada resistor diatas adalah 36.0 Ω

3. Jika biaya listrik di daerah rumah Anda adalah 12 rupiah per kWh, berapa total biaya dari penggunaan lampu LED 60-W selama 1000 jam jika bohlam berharga 25 rupiah?

Pembahasan :

Untuk mencari biaya penggunaan lampu, pertama-tama kita cari energi yang digunakan dalam kilowatt/jam dan kemudian dikalikan dengan biaya per kilowatt/jam.

E = Pt = (60 W)(1000 jam) = 60.000 W jam

Dalam kilowatt-jam, ini adalah

E = 60,0 kW jam.

Total biaya pemakaian listriknya adalah :

Biaya = (60,0 kW jam) (0,12/kW jam) = 7,20 rupiah

Total biaya akan menjadi Rp. 7,20 untuk 1000 jam (sekitar satu setengah tahun dengan penggunaan 5 jam per hari).

4. Jika arus dan tegangan pada rangkaian listrik diberikan masing-masing 2.5A dan 10V. Berapakah Daya Listriknya?

I = 2.5A dan V = 10V
Rumus daya listrik adalah :
P = VI
P = 10 × 2,5 = 25 watt

5. Hitunglah daya listrik pada rangkaian listrik yang memiliki nilai hambatan 3Ω dan Arus 4A!

I = 4A dan R = 3Ω
Rumus daya listrik adalah :
P = I2R

P = 42×3
P = 16×3 = 48 watt

Contoh Penerapan Daya Listrik

Sumber : Channel GIA Academy

  • Listrik pln

Daya listrik pln memiliki batas tertentu misalnya listrik 450W hingga 4400W. Di meteran, anda akan melihat angka yang menunjukkan tegangan maksimal seperti 220V lalu batas dari arus.

Listrik pln tersebut dapat ditambah sehingga daya lebih besar misalnya dari 450 ke 900 atau 1300. Untuk melakukan hal tersebut, anda perlu membayar biaya tambah daya listrik

  • Alat elektronik

Alat listrik dan elektronik juga memiliki keterangan mengenai daya. Misalnya, 220V/2A artinya batas maksimal tegangan adalah 220V dan nilai arus 2A. Untuk mengetahui daya, anda kalikan dua nilai tersebut sehingga menjadi 440 watt. Artinya, alat tersebut mampu menampung tegangan maksimal 220V dan menggunakan arus 2A.

  • Industri Otomotif dan mesin

Daya listrik juga terdapat di kendaraan dan mesin. Selama masih menggunakan listrik, istilah power atau daya tetap dibutuhkan. Tentu saja, sistem dan penerapannya mengikuti bidang masing-masing.

Cara Tambah Daya Listrik PLN

Di rumah, anda tentu menggunakan listrik pln dan alat elektronik. Saat semua menyala, biasanya listrik tersebut langsung mati karena tidak mampu menampung bebas dan kebutuhan yang tinggi.

Inilah guna batas listrik yaitu menjamin sistem tidak melakukan kerja berlebihan. Jika ingin memiliki lebih banyak kapasitas, anda perlu menambahnya. Cara tambah daya listrik akan dijelaskan pada bagian berikut ini.

  • Via online

Kunjungi situs resmi pln lalu cari daftar dan tambah daya. Setelah itu, isi formulir dan pastikan menerima kode. Selanjutnya, siapkan sejumlah dana untuk jaminan dan tunggu verifikasi. Pihak pln akan datang ke rumah untuk menambah daya. Proses ini juga termasuk ganti meteran ke versi prabayar.

  • Datang ke pln

Bagi yang masih bingung dengan cara online, pelanggan dapat datang langsung ke unit pelayanan pln terdekat. Siapkan dokumen seperti slip pembayaran, ktp, kk, denah rumah, dan lainnya. Setelah itu, ikuti prosedur mengisi form dan tunggu validasi. Selanjutnya, pln segera menambah daya maksimal 10 hari kerja setelah verifikasi selesai.

Jika daya sudah bertambah, anda dapat menghitungnya dengan rumus daya listrik berdasarkan tegangan arus. Hasilnya akan menjadi referensi jika ingin menggunakan alat listrik dalam jumlah besar. Anda mengerti batas maksimal untuk menghindari mati listrik.

Related posts:
Gravatar Image
Mahasiswa telat lulus yang lagi hobi mempelajari Ilmu Elektronika!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *