Rumus Kecepatan dan Contoh Soal

8 min read

Kumpulan rumus kecepatan LENGKAP☑️ 15+ Contoh soal dan jawaban menghitung rumus kecepatan rata rata, awal, sesaat jarak dan waktu☑️

Salah satu materi yang dibahas dalam ilmu fisika adalah materi mencari kecepatan. Untuk mencarinya bisa dengan menggunakan rumus kecepatan. Secara umum, Rumus untuk mencari kecepatan ini didapatkan dengan membagi jarak tempuh dengan waktu tempuhnya.

Setelah itu nanti akan didapatkan hasil berapa kecepatan yang dibutuhkan. Dari rumus ini nantinya akan didapatkan beberapa rumus turunan, seperti rumus mencari jarak, waktu , kecepatan sudut dan kecepatan rata-rata.

Pengertian Kecepatan

rumus jarak kecepatan waktu
Rumus jarak kecepatan waktu

Dalam ilmu Fisika, pengertian kecepatan adalah cepat atau lambatnya perubahan kedudukan dari suatu benda terhadap waktunya. Bisa juga diartikan sebagai sebuah besaran vektor yang memiliki besar dan arah. Satuan Internasional untuk kecepatan adalah m/s.

Dilansir dari BBC.co.uk, teori kecepatan merupakan salah satu konsep dasar dalam mekanika klasik yang mempertimbangkan gerakan benda. Dalam mekanika klasik disebutkan bahwa Kecepatan adalah kemampuan sebuah benda untuk berpindah tempat dari satu tempat ke tempat yang lain dalam kurun waktu tertentu.

Dalam pembahasan ini nantinya juga akan ada istilah kelajuan. Hal yang harus dipahami adalah bahwa antara kecepatan dan kelajuan adalah hal yang berbeda.

Jika kecepatan mempertimbangkan arah, maka kelajuan tidak mempertimbangkan arah untuk menentukan nilai pergerakan dari sebuah benda yang dihitung.

Rumus Kecepatan

Sebagaimana yang sudah sedikit disinggung sebelumnya, rumus kecepatan atau rumus mencari kecepatan adalah dengan membagi jarak dan waktu. Untuk mengetahui satuan kecepatan, kita perlu mengetahui satuan jarak dan waktu juga.

Jarak merupakan seberapa jauh benda tersebut mengalami perubahan kedudukan. Satuan yang digunakan untuk jarak adalah meter (m) Sementara waktu menunjukkan lama berlangsungnya sebuah peristiwa.

Dalam hal ini, waktu yang dimaksud ini adalah lama yang dibutuhkan oleh suatu benda untuk berpindah dari satu posisi ke posisi lainnya. Satuan yang digunakan untuk waktu ini adalah detik atau dalam Satuan Internasional lebih sering disebut dengan sekon (s). Maka, dari penjelasan di atas didapatkan :

rumus kecepatan
Rumus kecepatan

Rumus untuk menghitung kecepatan (V) adalah  Jarak / Waktu [s/t]. Dalam persamaan ini, satuan kecepatan merupakan jarak dalam meter (m) dibagi waktu dalam detik (s), jadi satuan kecepatan adalah meter per detik (m/s) atau (km/jam).

Dimana :

  • V adalah kecepatan
  • S adalah jarak yang ditempuh
  • T adalah waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak tersebut.

Perlu diingat bahwa rumus kecepatan diatas hanya berfungsi ketika sebuah benda memiliki kecepatan konstan dalam arah konstan atau jika Anda ingin menemukan kecepatan rata-rata pada jarak tertentu (sebagai lawan dari kecepatan sesaat).

Rumus Kecepatan Awal :

rumus kecepatan awal

Rumus kecepatan awal dapat dihitung dengan menggunakan persamaan Vi = (d / t) – [(a * t) / 2], dimana Vi merupakan simbol “kecepatan awal”, kemudian d merupakan simbol “jarak”, a merupakan simbol untuk “percepatan”, dan t merupakan simbol untuk “waktu”.

Rumus Kecepatan Sesaat :

rumus kecepatan sesaat

Menurut University Physics (1973), kecepatan sesaat adalah Kecepatan sesaat pada titik tertentu (v) dan pada waktu (t) tertentu selama terjadi perpindahan benda. Kecepatan sesaat ini dapat diperoleh dari grafik posisi (x) terhadap waktu (t).

Berdasarkan ilmu Kalkulis, rumus kecepatan sesaat dapat dihitung menggunakan persamaan v = (ds)/(dt) dimana v adalah laju kecepatan, ds adalah jarak perpindahan dan dt adalah waktu perpindahan yang ditempuh. Kecepatan sesaat ini merupakan turunan dari persamaan kecepatan rata-rata.

Rumus Menghitung Jarak (s)

Dari rumus mencari kecepatan di atas, nantinya rumus ini dapat diolah untuk mencari jarak dan waktu. Misalnya jika sudah diketahui kecepatan dan waktu, lalu yang dicari adalah berapa jarak yang dibutuhkan, maka yang digunakan adalah rumus jarak, yaitu:

rumus jarak

Rumus untuk mencari jarak adalah dengan mengalikan antara kecepatan dengan waktu [s = v x t]. Setelah ditemukan jarak yang ditempuh dengan kecepatan dan waktu tertentu, maka jarak diketahui dengan satuan meter atau bisa dikonversikan menjadi km.

Rumus Menghitung Waktu (t)

Apabila diketahui jarak dan kecepatan kemudian dicari waktu, maka rumus waktu yang digunakan adalah hasil pembagian antara jarak dan kecepatan [t = s/v]. Rumus yang digunakan adalah:

rumus waktu

Dimana t adalah waktu yang dicari, s adalah jarak yang ditempuh dan v adalah kecepatan yang dibutuhkan untuk menempuh jarak tersebut. Dari rumus dasar ini, nantinya juga bisa digunakan untuk menentukan kecepatan sudut. Bedanya, rumus kecepatan sudut tidak menggunakan jarak melainkan menggunakan konstanta lingkaran.

Contoh Soal Mencari Kecepatan, Jarak & Waktu

Setelah mengetahui berbagai rumus tentang kecepatan di atas, sekarang saatnya menerapkan dalam contoh soal rumus mencari kecepatan.

  1. Contoh Soal Menghitung Kecepatan
a. Jarak antara kota A dan kota B adalah 60 km yang ditempuh dengan memakan waktu selama 2 jam. Maka berapa kecepatan kendaraan tersebut?

Pembahasan :

s = 60 km , t = 2 jam

v = s/t

v = 60/2

v = 30km/jam

Jadi kecepatan kendaraan yang melaju dari kota A menuju kota B adalah 30km/jam.

b. Kereta api jurusan Jakarta Bandung menempuh jarak 120 km dalam waktu 1 jam. Tentukan kecepatan kereta api dalam m/s menggunakan rumus kecepatan!

Pembahasan :

Jarak yang ditempuh kereta api dalam meter = 120×1000m = 120000 m

Waktu yang ditempuh kereta api dalam detik = 60×60 = 3600 sekon

Gunakan Rumus Kecepatan :

Kecepatan = Jarak/Waktu = 120000/3600 = 33.3 m/s

Jawaban : Kecepatan kereta api adalah 33,3 m/s.

c. Andi mengendarai motornya untuk menempuh jarak sejauh 20 km dalam waktu 50 menit. Dengan menggunakan rumus kecepatan, hitunglah kecepatan motor andi dalam meter per sekon (m/s) ?

Pembahasan :

Jarak yang ditempuh pengendara sepeda dalam meter = 20×1000 = 20.000 m

Waktu yang dibutuhkan pengendara sepeda dalam sekon = 50×60= 3000 sekon

Gunakan rumus kecepatan :

Kecepatan (v) = Jarak/Waktu (s/t)

v = 20000/3000

v = 6,67m/s

Jawaban : Jadi Kecepatan motor andi adalah 6,67 m/s.

d. Sebuah pesawat terbang berangkat dari bandara dan bergerak dengan kecepatan tertentu. Setelah 2 jam, pesawat lain berangkat dari bandara yang sama dan bergerak ke arah yang sama dengan kecepatan 60 mph. Jika mengejar pesawat pertama dalam waktu 4 jam, berapa kecepatan pesawat yang pertama berangkat?

Pembahasan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *