Materi Satuan Waktu Lengkap Dengan Contoh Konversi

4 min read

Satuan Waktu adalah?☑️ Penjelasan lengkap macam macam satuan waktu dalam Sistem Internasional (SI) + Contoh soal konversi satuannya☑️

Satuan waktu adalah istilah yang digunakan untuk mengukur waktu atau time. Materi ini bisa Anda temukan di pembelajaran matematika kelas 3 SD maupun kelas 5 SD.

Untuk memudahkan anda dalam mengulas kembali materi satuan waktu dalam sistem Inernasional (SI) ini, berikut wikielektronika ulas secara lengkap dan detail.

Pengertian Satuan Waktu

Dalam cabang ilmu Matematika, waktu dapat didefinisikan sebagai rangkaian peristiwa yang berlangsung terus menerus dan berkesinambungan yang terjadi secara berurutan, dari masa lalu, masa kini, hingga masa depan.

Waktu digunakan untuk mengukur, mengukur atau membandingkan durasi peristiwa atau interval di antara mereka, dan bahkan, urutan peristiwa. Lalu apa yang dimaksud dengan satuan waktu itu sendiri?

Satuan waktu adalah satuan dasar yang digunakan untuk menandai suatu kerangka waktu tertentu. Menurut (CGPM ke-13, 1967), Satuan waktu dalam sistem internasional SI adalah detik atau second. Satuan waktu ini sering direpresentasikan dengan simbol “s” atau “sec”.

Selain menggunakan satuan dasar detik (s), waktu juga dapat diukur menggunakan satuan baku lainnya seperti menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun, abad, dst.

Contoh satuan waktu menurut sistem internasional SI (detik) dapat kita lihat paling mudah melalui sebuah jam dinding maupun jam tangan analog seperti gambar dibawah ini.

satuan waktu adalah
Contoh satuan waktu

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, sebuah jam dinding analog umumnya memiliki tiga jarum yaitu jarum penunjung menit, penunjuk jam dan juga penunjuk detik.

Jarum panjang dan paling tipis yang merupakan jarum penunjuk detik bergerak lebih cepat dibandingkan kedua jarum hitam selaku penunjuk jam dan juga menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page