Sejarah Perkembangan Internet

5 min read

sejarah internet di dunia

Sejarah internet selanjutnya yaitu di tahun 1976 ratu inggris mengirim email dari royal signal dan radar establismt di Malvern. Satu tahun kemudian lebih dari 100 komputer bergabung dengan ARPANET membentuk jaringan atau network.

Pada tahun 1979 Tom Triscott, Jim Ellis dan juga Steve Bellovin telah menciptakan news group pertama yang kemudian diberi nama USENET.

Pada tahun 1981 France Telcom telah meluncurkan telepon televesi pertama, yang mana orang alang menelepon pertama, orang dapat menelepon dengan berhubngan dengan video link. Karena jaringan komputer semakin banyak,maka dibutuhkan juga protocol resmi yang diakui oleh semua jaringan.

Pada Tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protoco (TCP) dan Inernet Protocol (IP) yang biasa kita kenal. Sementara di eropa terdapat jaringan komputer yang dikenal dengan Eunet, eunet sendiri adalah jaringan komputer yang menyediakan jasa di belanda, inggris, denmark dan juga swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan news group USENET.

Supaya alamat internet sama dengan jaringan komputer, pada tahun1984 terdapat sistem yaitu domain, yang sekarang bernama DNS atau Domain Name System. Komputer telah tersambung dengan jaringan yang melebihi 1000 komputer ke jaringan naik 10 kali lipat menjadi 10.000 lebih.

Pada tahun 1988 Jarko Oikarenen dari Firlandia telah memperkenalkan internet relay cha (IRC) . Pada tahun 1990 merupakan tahun paling bersejarah mengenai sejarah perkembangan internet.

Hal tersebut karena tim berners lee telah menemukan program editor dan browser yang bisa digunakan untuk menjelajah satu komputer dengan komputer yang lainnya kemudian membentuk jaringan world wide web.

Pada tahun 1992 sejarah internet sudah mulai mengalami kemajuan yaitu  dengan telah  dibuktikan komputer saling tersambung membentuk jaringan yang melewati sejuta lebih komputer dan pada tahun ini istilah baru muncul yauty surfing the internet.

Pada Tahun 1994  sejarah perkembangan internet juga selalu mengalami berkembang yaitu situs internet sudah tumbuh menjadi 3000 alamat dan pertama kali virtual-shopping atau yang biasa disebut dengan e-reatail muncul.

Dunia seketika juga menjadi berubah. pada tahuni ini juga mencul Yahoo! Dan kelahiran Netscape Navigator. Itulah tak sedikit penjelasan mengenai sejarah internet di mata dunia sekarang pembahasan akan  beralih ke sejarah perkembang internet di Indonesia.

Sejarah Internet di Indonesia

sejarah internet di indonesia

Sejarah internet di Indonesia pada awalanya masuk pada tahun1986 hingga tahun 1987 dari kegiatan amatir radio, khusunya di amatir radio club (ARC) ITB yang modal pesawat Transciber HF SSB Kenwood TS430 dengan komputer Apple II terdapat kurang lebih sekitar belasan anak yang didorong ke arah TCP / IP.

Pelaku amatir radio Indonesia terjadi peningkatkan jaringan amatir bulletin board system (BBS) jaringan email store dan forward menghubungkan banyak server BBS amatir radio di seluruh dunia agar email dapat berjalan dengan lancar.

Pada tahun 1989 sampai tahun 1990 dari mailing list pertama [email protected] diskusi antar mahasiswa Indonesia di luar negeri, mengenai pemikiran alternative dan kesadaran masyarakat ditumbuhkan.

Bentuk mailing list mengalami perkembangan terutama pada host server di ITB dan egroups. Co. mailing juga menjadi salah satu sarana yang begitu strategis di dalam pembangunan komunitas internet Indonesia.

Pada awal tahun 1990 komunikasi antar Onnao w, purbo yang di kanada  dengan panggilan YCIDAV/VE3 dengan rekan amatir radio di Indonesia melakukan menggunakan jaringan amatir radio.

Galih Wsk Dengan pengetahuan dan keahliannya yang mendalam di bidang elektro dan statistik, Galish WSK alumni pascasarjana ITS Surabaya kini mendedikasikan dirinya untuk berbagi pengetahuan dan memperluas pemahaman tentang perkembangan terkini di bidang statistika dan elektronika via wikielektronika.com.

2 Replies to “Sejarah Perkembangan Internet”

  1. An interesting discussion is definitely worth comment. I think that you ought to publish more on this issue, it might not be a taboo subject but typically people don’t discuss such issues. To the next! Best wishes!!

  2. Can I simply just say what a relief to discover a person that genuinely understands what they are discussing on the net. You certainly understand how to bring a problem to light and make it important. More people need to check this out and understand this side of your story. I was surprised you aren’t more popular given that you definitely possess the gift.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page