Rangkaian Sensor Cahaya

Posted on

Sensor Cahaya Adalah?☑️ Berikut pengertian, prinsip kerja☑️ beserta contoh rangkaian dan penggunaan sensor cahaya disekitar kita.☑️

Beberapa komponen listrik menggunakan cahaya untuk mempengaruhi cara kerja dan fungsi. Contohnya adalah sensor cahaya yang sering dipakai pada lampu.

Sensor seperti ini bekerja dengan memanfaatkan prinsip arus dan hambatan listrik. Saat cahaya mengenai sensor. Hambatan meningkat atau menurun sesuai posisinya sehingga mengatur arus.

Sensor Cahaya Adalah?

sensor cahaya

Pengertian sensor cahaya adalah perangkat elektronika yang dapat memberikan perubahan besaran muatan elektrik ketika terjadi perubahan intensitas cahaya yang diterima dan mengubahnya menjadi besaran  listrik

Secara umum, sensor terkait dengan fungsi dan kerja yang mampu mendeteksi sesuatu. Misalnya, hewan seperti ular menggunakan lidah untuk mengetahui mangsa. Dengan prinsip yang sama, sensor tertentu dibuat berdasarkan suhu dan panas.

Cahaya mampu mempengaruhi komponen elektronika tertentu sehingga dimanfaatkan untuk membuat alat sensor. Misalnya, Anda melihat lampu taman atau jalan tanpa kabel tetapi dapat menyala secara otomatis.

Lampu tersebut menggunakan solar cell sebagai baterai lalu sensor cahaya untuk mendeteksi kondisi siang dan malam. Contoh penggunaan sensor cahaya dalam kehidupan sehari-hari bisa kita lihat pada lampu otomatis penerangan jalan dan juga perangkat penerima sinyal remote televisi.

Berdasarkan jenisnya, sensor cahaya terbagi menjadi dua, yakni Fotovoltaic (Solar Cell/Fotocell) yang berfungsi untuk mengubah cahaya matahari yang diterima menjadi arus listrik DC. Yang kedua adalah Fotoconductiv yang berfungsi sebagai pengubah intensitas cahaya menjadi perubahan konduktivitas.

Komponen Sensor Cahaya

sensor cahaya adalah

Daftar berikut ini menunjukkan beberapa komponen sensor cahaya yang sering dipakai pada rangkaian elektronika.

  • LDR

LDR adalah light dependent resistor yang bekerja berdasarkan cahaya. Sesuai dengan namanya, ini merupakan tipe resistor dengan nilai resistansi akan berubah ketika terkena cahaya. Saat nilainya naik, arus listrik akan menghindar dan lampu tidak menyala. Penerapannya dapat menggunakan pola seri atau paralel sesuai kebutuhan.

  • Photo diode

Komponen lain sensor cahaya adalah photo diode. Ini merupakan tipe diode yang menggunakan cahaya untuk mengaktifkan listrik. Saat terpapar cahaya, komponen ini akan bekerja atau sebaliknya dibuat menjadi tidak aktif.

  • Photo transistor

Komponen lain adalah photo transistor yang menggunakan tambahan resistensi cahaya. Ini merupakan alat yang memungkinkan proses sensor lebih efisien. Cara kerja dan penerapan mirip resistor dan dioda.

  • Solar cell

Contoh sensor cahaya yang lain adalah solar cell untuk baterai dan panel surya. Perlu Anda ketahui, panel lebar di atap untuk menangkap cahaya menggunakan komponen cell khusus. Cell seperti ini terdiri dari proton dan elektron yang bergerak saat terpapar sinar matahari. Gerakan tersebut menimbulkan listrik lalu diarahkan ke alat atau baterai.

Baca Juga : Kabel Fiber Optik

Prinsip Kerja Sensor Cahaya

prinsip kerja sensor cahaya
Gambar Prinsip Kerja Sensor Cahaya

Prinsip kerja sensor cahaya juga di klasifikasikan menjadi dua yakni berdasarkan tipe dan komponennya. Sensor pasif seperti LDR akan menerima cahaya lalu mengurangi atau meningkatkan resistensi. Selanjutnya, arus listrik segera mengalir atau terputus yang nanti disambung ke lampu atau alarm.

Sensor yang kedua mampu mengerjakan fungsi aktif misalnya solar cell. Setelah terpapar cahaya, alat ini justru mengubah cahaya ke energi lain yang lebih berguna. Alat seperti kamera juga menggunakan jenis sensor dimana mampu menangkap gambar dan mencetaknya.

Sebuah sensor cahaya ldr umumnya terbuat dari cakram semikonduktor yang memiliki 2 buah elektroda pada permukaannya. Saat intensitas cahaya rendah (gelap), material tersebut akan menghasilkan elektron dengan jumlah yang kecil sehingga hanya sedikit elektron yang nantinya akan mengangkut muatan listrik.

Jadi pada saat keadaan gelap atau intensitas cahaya rendah, maka sensor cahaya akan menjadi konduktor yang buruk karena memiliki resistansi yang besar pada saat intensitas cahaya rendah (gelap).

Sedangkan pada kondisi intensitas cahaya tinggi (terang), material yang ada pada permukaan sensor cahaya mampu menghasilkan lebih banyak elektron yang lepas dari atom yang nantinya akan lebih banyak elektron yang mengangkut muatan listrik.

Jadi pada saat intensitas cahaya tinggi (kondisi siang), sensor cahaya akan berperan sebagai konduktor yang baik, dimana saat kondisi terang sensor ini akan mempunyai resistansi yang kecil dibandingkan saat kondisi gelap.

Contoh Rangkaian Sensor Cahaya

Rangkaian sensor cahaya menggunakan beberapa komponen yang saling terhubung dengan fungsi tertentu. Contoh sederhana adalah lampu karena hanya memerlukan resistor dan transistor.

Anda memanfaatkan prinsip arus dan hambatan listrik. Saat resistensi meningkat, arus tidak bergerak dan mencari yang lain agar lampu menyala.

Secara umum, Anda dapat membuat rangkaian paralel atau seri dengan sensor tersebut. Masing-masing rangkaian listrik tersebut tentunya memiliki keunggulan tersendiri.

Jika dipasang seri, sensor akan mengalir pada satu jalur sehingga butuh arus dan sumber listrik besar untuk mencapai lampu atau komponen lain. Cara ini sangat efektif dan praktis.

  • Lampu Otomatis Sensor Cahaya

rangkaian sensor cahaya pada lampu led

Sensor cahaya sering ditemukan pada lampu rumah. Biasanya, Anda install lampu seperti ini di teras sehingga tidak repot saat malam. Ketika suasana gelap, lampu akan menyala secara otomatis dan berlaku saat terkena cahaya matahari di siang hari.

Lampu dengan rangkaian sensor cahaya tersebut dapat tersedia di toko listrik dan elektronika. Selain itu, Anda mungkin berkenan membuat sendiri karena komponennya mudah diperoleh dan rangkaian elektronika untuk lampu tersebut juga sederhana.

Selain lampu, sensor dapat dikoneksikan ke alarm keamanan misalnya saat ada orang lewat maka cahaya redup.

  • Lampu Sensor Cahaya LDR pada Taman/ Jalan

rangkaian sensor cahaya lampu taman

Lampu sensor cahaya juga diterapkan di tempat terbuka seperti taman dan jalan. Saat berkendara, Anda melewati jalan dimana banyak lampu tetapi tidak ada kabel.

Area tersebut juga cukup terpencil sehingga sangat sulit untuk menyambung listrik. Sebagai solusi, lampu menggunakan sensor cahaya. Untuk penggunaan taman atau penerangan jalan umum, lampu yang dipakai tidak hanya tipe biasa kadang juga berbentuk unik yang menarik.

  • Rangkaian Sensor Cahaya Infrared

rangkaian sensor cahaya infra merah

Sensor infrared juga termasuk cahaya tetapi memiliki gelombang berbeda. Remote control mengirim sinyal perintah ke televisi lalu ditangkap oleh reseptor. Sinyal ini akan menggerakan perintah tertentu misalnya volume naik atau pindah channel.

  • Rangkaian Sensor Cahaya Panel surya

rangkaian sensor cahaya solar panel

Panel surya juga termasuk alat yang menggunakan sensor cahaya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, sensor tersebut terletak pada seluruh permukaan yang mengandung solar cell. Cahaya yang ditangkap segera menggerakkan elektron lalu energy tersebut diolah menjadi listrik.

Disisi lain sensor cahaya secara paralel lebih sering digunakan karena efisien. Sistem bercabang memberikan kebebasan pada arus untuk mengalir.

Jika tidak mampu masuk ke cabang dengan resistensi tinggi, arus listrik akan beralih ke yang lain. Sistem parallel menjaga agar arus tetap mengalir sehingga tidak terputus meskipun lampu tidak menyala agar beban berkurang.

Related posts:
Gravatar Image
Mahasiswa telat lulus yang lagi hobi mempelajari Ilmu Elektronika!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *