Pengertian Sensor Cahaya dan Contoh Rangkaian

3 min read

Prinsip kerja sensor cahaya juga di klasifikasikan menjadi dua yakni berdasarkan tipe dan komponennya. Sensor pasif seperti LDR akan menerima cahaya lalu mengurangi atau meningkatkan resistensi. Selanjutnya, arus listrik segera mengalir atau terputus yang nanti disambung ke lampu atau alarm.

Sensor yang kedua mampu mengerjakan fungsi aktif misalnya solar cell. Setelah terpapar cahaya, alat ini justru mengubah cahaya ke energi lain yang lebih berguna. Alat seperti kamera juga menggunakan jenis sensor dimana mampu menangkap gambar dan mencetaknya.

Sebuah sensor cahaya ldr umumnya terbuat dari cakram semikonduktor yang memiliki 2 buah elektroda pada permukaannya. Saat intensitas cahaya rendah (gelap), material tersebut akan menghasilkan elektron dengan jumlah yang kecil sehingga hanya sedikit elektron yang nantinya akan mengangkut muatan listrik.

Jadi pada saat keadaan gelap atau intensitas cahaya rendah, maka sensor cahaya akan menjadi konduktor yang buruk karena memiliki resistansi yang besar pada saat intensitas cahaya rendah (gelap).

Sedangkan pada kondisi intensitas cahaya tinggi (terang), material yang ada pada permukaan sensor cahaya mampu menghasilkan lebih banyak elektron yang lepas dari atom yang nantinya akan lebih banyak elektron yang mengangkut muatan listrik.

Jadi pada saat intensitas cahaya tinggi (kondisi siang), sensor cahaya akan berperan sebagai konduktor yang baik, dimana saat kondisi terang sensor ini akan mempunyai resistansi yang kecil dibandingkan saat kondisi gelap.

Contoh Rangkaian Sensor Cahaya

Rangkaian sensor cahaya menggunakan beberapa komponen yang saling terhubung dengan fungsi tertentu. Contoh sederhana adalah lampu karena hanya memerlukan resistor dan transistor.

Anda memanfaatkan prinsip arus dan hambatan listrik. Saat resistensi meningkat, arus tidak bergerak dan mencari yang lain agar lampu menyala.

Secara umum, Anda dapat membuat rangkaian paralel atau seri dengan sensor tersebut. Masing-masing rangkaian listrik tersebut tentunya memiliki keunggulan tersendiri.

Jika dipasang seri, sensor akan mengalir pada satu jalur sehingga butuh arus dan sumber listrik besar untuk mencapai lampu atau komponen lain. Cara ini sangat efektif dan praktis.

  • Lampu Otomatis Sensor Cahaya

rangkaian sensor cahaya pada lampu led

Galih Wsk Dengan pengetahuan dan keahliannya yang mendalam di bidang elektro dan statistik, Galish WSK alumni pascasarjana ITS Surabaya kini mendedikasikan dirinya untuk berbagi pengetahuan dan memperluas pemahaman tentang perkembangan terkini di bidang statistika dan elektronika via wikielektronika.com.

2 Replies to “Pengertian Sensor Cahaya dan Contoh Rangkaian”

    1. Sebenarnya pada beberapa case rangkaian sensor LDR bisa juga dipasang secara seri.. Namun Jika dipasang seri, sensor akan mengalir pada satu jalur sehingga butuh arus dan sumber listrik yang besar untuk mencapai komponen lain. Karena itulah umumnya menggunakan rangkaian paralel agar bisa lebih efektif dan efisien

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page