Pengertian Sistem dan Contohnya

8 min read

Sistem Adalah ?☑️ Pembahasan lengkap mengenai Pengertian sistem menurut para ahli & KBBI☑️ Komponen, Jenis dan Contoh sistem Lengkap!☑️

Apa itu sistem? Pasti sudah banyak diantara kalian mendengar isitilah sistem tapi untuk paham mengenai pengertian sistem yang benar seperti apa masih tak semua orang mengetahuinya.

Maka dari itu pada  kesempatan kali ini akan membahas mengenai semua hal yang berkaitan dengan sistem, tanpa basa basi lagi mari simak penjelasan berikut mengenai pengertian sistem secara umum dan menurut para ahli.

Sistem Adalah ?

sistem adalah

Secara umum pengertian sistem adalah sekelompok elemen yang berinteraksi (saling terkait) dan bertindak menurut seperangkat aturan untuk membentuk suatu kesatuan yang utuh demi mencapai tujuan bersama.

Kata “sistem” berasal dari kata latin “systema”, yang menggambarkan hubungan antara beberapa elemen atau unit kerja. Sistem dibangun untuk menghasilkan satu atau lebih tujuan tertentu

Jadi sederhananya, definisi dari sistem yaitu sekelompok objek / benda yang memiliki hubungan satu sama lain untuk mencapat tujuan tertentu.  Ya memang hanya itu lah pengertian sistem secara sederhana.

Sebuah sistem umumnya dikelilingi dan dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya, digambarkan oleh batas-batasnya, struktur dan tujuannya serta dinyatakan dalam fungsinya.

Kriteria Kriteria Sistem :

  • Sebuah sistem dibuat untuk memberikan hasil yang telah ditentukan
  • Hasil utama dan sentral dari sistem memiliki prioritas di atas hasil setiap subsistem.
  • Komponen-komponen sistem harus saling bergantung.

Dilansir dari jurnal UII.ac.id, Sebuah sistem dibuat untuk memberikan hasil yang telah ditentukan. Hasil utama dan sentral dari sistem memiliki prioritas di atas hasil setiap subsistem.

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

sistem

Pastinya jika memahami dengan kalimat begitu saja tak akan ada yang bisa memahami secara jelas, Maka dari itu terdapat pengertian sistem menurut para ahli yang dapat membantu dalam mamahami apa yang dimaksud dengan sistem secara jelas, berikut penjelasannya :

a. Pengertian Sistem menurut Henry Prat Fairchild dan Eric Kohler : Apabila satu bagian / sub bagian yang memiliki masalah jadi pada bagian yang lainnya juga ikut terkena masalah tersebut.

b. Pengertian Sistem menurut Gordon B. Davis : Sistem adalah sistem yang terdiri atas bagian yang saling memliki hubungan dan beroperasi bersama untuk meraih beberpa sasaran dan maksud.

c. Pengertian Sistem menurut John Mc Manama : Sistem adalah struktur konseptual yang tersusun dari fungsi yang berkaian dan bekerja menjadi satu organic untuk meraih suatu hasil sesuai keinginan secara efektif dan efisien.

d. Pengertian Sistem menurut Murdick, R. G : Sistem adalah seperangkat elemen yang membentuk kumpulan dari bermacam – macam prosedur atau bermacam pengolahan untuk mencari tujuan bersama dengan memakai cara pengoprasian data atau barang untuk menghasilakan informasi.

e. Pengertian Sistem menurut C.W. Churchman :Sistem adalah seperangkat beberapa bagian yang sudah dikoordinasiakan yang begitu cocok dan harmonis untuk pelaksanaan perangkat tersebut mencapai tujuan.

f. Pengertian Sistem menurut Andri Kristanto : Sistem adalah aringan kerja dari beberapa prosedur yang berhubungan saru dengan lainnya, berkumpul untuk melakukan kegiatan dan menyelesaikan tujuan tertentu.

g. Pengertian Sistem menurut L. James Havery : Sistem adalah prosedur logis dan rasional untuk melakukan atau merancang, rangkaian komponen yang saling berkaitan satu dengan lainnya.

h. Pengertian Sistem menurut Abdul Kadir (2014:61) : Sistem adalah kumpulan elemen elemen yang memiliki keterkaitan satu sama lain dengan tujuan yang sama.

i. Pengertian Sistem menurut Fatansyah (2015:11) : Sistem adalah perpaduan yang terdiri dari beberapa komponen fungsional yang saling berhubungan dan secara bersama memenuhi proses tertentu guna mencapai tujuan bersama

j. Pengertian Sistem menurut Sutarman (2012:13) : Komponen dari berbagai elemen yang saling berhubungan dalam satu kesatuan untuk menjalankan proses menuju pencapaian tujuan bersama.

k. Pengertian Sistem menurut Sutabri (2012:3) Sistem merupakan himpunan atau gabungan dari sebuah unsur, komponen maupun variabel yang terorganisir dan saling tergantung satu sama lain secara terpadu.

l. Pengertian Sistem menurut kamus besar Indonesia (KBBI):

  • Sistem merupakan seperangkat unsur yang teratur dan saling memiliki hubungan sehingga terbentuk suatu totaliras pencernaan makanan, pernapasan, dan peredaran darah di tubuh.
  • Sistem merupakan susunan yang rapi dari pandangan, teori, asas, dan lain sebagainya. Seperti pemerintahan Negara domokrasi, totaliter, parlementer, dan lain sebagainya.
  • Sistem merupakan sebuah metode seperti pendidikan klasikal, individual, dan lain sebagainya.

Komponen Sistem

pengertian sistem

Suatu sistem memiliki komponen atau subsistem yang berbeda. Setiap subsistem memiliki input, output, komponen, dan tujuan sendiri yang secara keseluruhan melayani sistem utama dalam mencapai hasil akhir.

Input adalah elemen yang digunakan oleh beberapa sistem untuk mendapatkan output akhir. Secara umum, input dapat berupa uang, fasilitas, peralatan, perlengkapan, orang, waktu, dan ide.

Sedangkan output adalah hasil yang diperoleh dari setiap sistem. Output pada sistem ini terbentuk dari hasil interaksi antara sistem dengan elemen input. Sebuah output umumnya dapat dihitung dan digambarkan menggunakan angka.

Sebuah sistem dikatakan ideal/ berhasil yaitu apabila sistem tersebut memiliki integrasi dan keselarasan antara bagian-bagian yang berbeda, yakni dengan cara bertukar informasi antara komponen yang berbeda.

Jika ada bagian dari sistem yang tidak berfungsi dengan baik atau melemah, maka akan disesuaikan lagi untuk memberikan hasil yang diperlukan dari keseluruhan sistem.

Sebagai contoh jika terdapat ban pada motor yang bergerak mengalami kebocoran (cacat), maka secara otomatis motor tersebut tidak akan menjalankan fungsinya dengan baik.

Dari contoh diatas kita dapat mengetahui bahwa setiap sistem memiliki komponen sistem yang berbeda dimulai dengan input yang mengalami pemrosesan dalam sistem untuk menghasilkan output.

Input dan output mewakili tujuan akhir dari sistem. Oleh karena itu, sebagian besar sistem terdiri dari banyak sistem kecil atau subsistem yang dapat berupa komponen sederhana atau kompleks.

Jenis Jenis Sistem

definisi sistem

Meskipun terdapat banyak sekali jenis jenis sistem yang berbeda, ada satu persamaan diantara sekian banyak sistem tersebut.

Sebuah sistem pasti terdiri dari elemen berbeda yang berfungsi bersama secara keseluruhan sambil mempertahankan identitas mereka masing masing. Berikut untuk jenis jenis sistem secara umum :

a. Sistem Alami

Sistem alami merupakan sistem yang terbentuk secara alami dan memiliki peran penting dalam kehidupan di bumi. Sistem alami ini umumnya tidak menunjukkan nilai output yang berbeda. Contohnya seperti sistem klasifikasi morfologi hewan pada hewan bersayap, hewan bersirip, hewan berbulu, hewan bersisik, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *