Pengertian Sistem dan Contohnya

7 min read

Contoh kedua bisa kita lihat pada bumi yang merupakan contoh sistem tertutup. Energi matahari memasuki sistem Bumi tetapi tidak ada materi Bumi yang meninggalkan planet ini.

e. Sistem Terisolasi

Sistem Terisolasi merupakan jenis sistem yang tidak terjadi pertukaran energi maupun materi dengan lingkungan yang ada di sekitarnya.

Sebagai contoh bisa kita lihat pada Termos yang berisi air panas. Tidak ada pertukaran panas dan uap air antara udara dan termos.

Air panas terkandung; energi dan materi di dalam wadah (termos) tidak dapat lepas dan tidak ada energi atau materi yang dapat masuk melaluinya

Contoh Sistem

contoh sistem

Berikut ada beberapa contoh sistem yang dapat membantu dalam memahami sistem supaya lebih mudah sebagai berikut :

1. Sistem Organ

Manusia adalah sistem yang berada di muka bumi yang terdiri dari lahirilah dan batinilah. Jika dilihat dari sudut pandang biologi manusia adalah sistem terdiri dari komponen biologis yaitu sistem panca indra, sistem pernafasan, sistem pencernaan, sistem pengerluaran, dan sistem – sistem lainnya yang bekerja sama dalam satu.

2. Sistem Pemerintahan

Sistem pemerintahan merupakan sistem yang terdiri atas beragam macam kompenen yang mana setiap komponen menjadi satu yang tidak bisa dipisahkan, menjadi satu tatanan yang utuh. Setiap komponen menjalin kerja sama yang begitu kuat, mempunyai keterikatan satu dengan yang lainnya pada pokoknya memiliki satu tujuan dan satu fungsi dasi pemerintah.

Sistem pemerintan suatu negara biasanya akan mempunyai satu sistem dan tujuan pokok yang pasit, yakni menjaga agar negaranya tetap stabil. Sistem pemerintahan ini harus memiliki suatu yang dijadikan landasan yang pastinya kokoh, tidak dapat digoyahkan oleh apapun.

Sistem pemerintahan sendiri harus dijauhkan dari sifat yang statis, karena nanti sistem pemerintahan yang statis kan berakibat kepada kerugaian untuk pemerintahannya sendiri, belum lagi apabila tidak statisa tapi juga absolut natninya pasti ada protes dsari masyarakat kerena pemerintah dianggapt memberatkan minoritas atau masyarakat kecil.

Sistem pemerintan sendiri juga ada beberapa macam yaitu :

  • Sistem pemerintahan presidensial

Sistem pemerintahn yang memilih kekuasaan eksekutif dengan cara pemilihan umum. Sistem ini rakyat yang memilkih siapa presidennya. Natai presiden akan menjalankan peran menjadi kepala ngera dan juga kepala pemerintahan.

  • Sistem pemerintahan parlementer

Sistem yang peranannya penting. Perdana menteri dipihan dan diangkat parlementer. Dan juga sebalikanya parlemen dapat dihentikan dengan cara memberi statement mosi tidak percaya.

  • Sistem pemerintahan semi presidensial

Sistem yang gabungan dari persidensial dan parlementer. Karena presiden dipilih rakyat menjadikan mempunyai kekuasaan yang luas dan kuat. Bersama dengan perdana menteri presiden menjalankan kekuasaannya.

  • Sistem pemerintahan komunis

Sistem pemerintahan yang dikendalikan penuh oleh partai komunis. Parai komunis ini betindak kapitasil. Kekuasaan secara penuh, tidsak mengakui kepemilikan akumulasi modal ke individu.

  • Sistem pemerintahan demokrasi liberal

Sistem pemeritnahan yang kebebasan individu sangat ditonjolkan. Demokrasi liberal desebut dengan demokrasi konstitusional. Individu dilindungi hakya oleh undang undang atau konstitusi. Apa saja keputusan yang diambil pemerintah jangan samapi melanggar individu.

  • Sistem pemerintahan liberal

Sistem pemerintahan yang bebas daalam semua hal, persamaan hak dan plitik. Sistem ini menentang adanya pembatasan yang dilakukan  pemerintah dan agama.

3. Sistem Ekonomi

Sistem ekonomi merupakan cara yang digunakan oleh suatu negara untuk menyelesaikan atau menghadapi masalah pada bidang ekonomi. Setiapnegar mempunyai sistem ekonomi yang berbeda satu dengan lainnya, tergantung dengan situasi dan juga kondisi yang sedang terjadi di negera itu.

Sistem ekonomi ini juga memiliki fungsi secara umum yaitu :

  • Menjadi penyedian dorongan untuk produksi
  • Berfungsi di dalam mengoordiansi kegitan individu di suatu perekonomian.
  • Menjadi pengatur di dalam pembagian hasil produksi di semua anggota masyarakat supaya bisa terlaksana seperti yang sudah diharapkan.
  • Menciptkan mekanisme tertentu supaya distribusi berang atau jasa berjalan dengan baik.

Sisten ekonomi juga terbagi menjadi beberapa macam yaitu :

  • Sistem ekonomi tradisional

Sistem ekonomi yang  atas dasar kebiasaan, tradisi masyarakat secara turun menurun yang mengandalkan fakor produksi yang apa adanya. Lebihan dair sistem ekonomi ini adalah adanya semangat yang kekeluargaan dasn kejujuran di setiap individu di dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

  • Sistem ekonomi terpusat atau sosialis

Sistem ekonomi yang dimana pemerintahan  mempunyai kekuasaan yang leibh dominan mengatur kegiatan ekonomi. Pengusaan dilakukan lewat pembatasan kepada kegiatan ekonomi yang dikerjakan anggota masyarakat. Negera yang memakai sistem ekonomi ini yaitu rusia, RRC dan negara eropa timur lainnya bekas negara uni soviet.

  • Sistem ekonomi liberal atau kapitalis

Sistem ekonomi yang berdasar pada kebebasan seluasnya untuk semua masyarakat di kegiatan perekonomian tanpa campur tangan pemerintah. Landasan dari sisten ekonomi ini memiliki tujuan secara umum yaitu untuk mencari keuntungan pribadi tanpa ada pihak lain yang harus dipertimbangkan.

  • Sistem ekonomi campuran

Sistem ekonomi yang di satu sis pemerintah memberi kebebasan ke masyarakat unti berusahan melakukan kegiatan ekonomi, tapi di sisi lainnya pemerintah mempunyai campur tangan di perekonomian yang tujuannya agar terhindar dari penguasaan secara penuh dari golongan masyarakat di sumber daya ekonomi.

Sistem otomotif adalah sistem pada kendaraan otomotif seperti sistem starter, sistem pengapian, sistem kelistrikan, sistem penggerak, sistem pengereman, da sistem yang memiliki keterkaitan lainnya.

Kesimpulan : Dari paparan artikel diatas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa definisi sistem adalah sekelompok komponen atau subsistem yang berintegrasi dan berfungsi bersama untuk mencapai tujuan tertentu.

Sebuah sistem dibuat untuk memberikan hasil yang telah ditentukan Hasil utama dan sentral dari sistem memiliki prioritas di atas hasil setiap subsistem.

Komponen-komponen sistem harus saling bergantung. Meskipun komponen (subsistem) ini dapat berfungsi sendiri dengan keluaran dan masukan yang berbeda, mereka harus digabungkan ke dalam suatu sistem. Jika tidak, sistem tidak akan berfungsi atau efisien.

Materi Pembelajaran Lainnya :
Besaran Pokok Besaran Turunan
Pengertian Analisis Pengertian Paralel

Demikian penjelasan mengenai semua hal yang berhubungan dengan pengertian dan contoh sistem versi wikielektronika.com, semoga semua informasi yang terkandung dapat tersampaikan dengan sempurna. Sehingga dapat membantu dalam menambah informasi, wawasan, dan pengetahuan bagi para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page