Energi Panas

6 min read

Apa yang dimaksud dengan sumber energi panas?☑️ Penjelasan mengenai pengertian, contoh, manfaat dan sumber energi panas bumi terbesar☑️

Jenis energi yang ada di sekitar manusia cukup berlimpah, salah satunya adalah energi panas bumi. Jenis energi ini sudah dimanfaatkan oleh manusia untuk berbagai kebutuhan.

Agar Anda bisa mempelajari energi ini dengan lebih lengkap, berikut adalah penjelasan mengenai pengertian, manfaat, contoh dan juga macam macam sumber energi panas bumi yang wikielektronika.com ulas untuk anda.

Pengertian Energi Panas

energi panas

 

Energi panas adalah hasil dari pergerakan partikel kecil yang disebut atom, molekul atau ion dalam zat padat, cair dan gas. Energi panas dapat ditransfer dari satu zat ke zat lain yang memiliki perbedaan suhu antar kedua zat. Sehingga setiap benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut dengan sumber energi panas.

Secara ilmiah, panas didefinisikan sebagai aliran energi dari benda yang hangat ke benda yang lebih dingin. Energi panas bumi disebut juga energi ‘Geothermal’. Istilah tersebut berasal dari bahasa Yunani, yakni geo yang bermakna bumi dan thermal yang artinya panas. Sehingga jika digabungkan, kedua istilah tersebut memiliki arti sebagai panas bumi.

Selain didapatkan dari matahari, energi panas dari bumi tersimpan di dalam inti bumi. Energi ini jauh lebih bersih dan efisien dibandingkan dengan bahan bakar fosil, sebab masih bisa digunakan namun dengan melepaskan sedikit residu di udara.

Untuk memanfaatkan panas bumi, maka dibentuk dan dibangun tambang tambang. Tambang ini kemudian dimanfaatkan untuk pembangkit listrik yang bisa menyuplai kebutuhan listrik yang dibutuhkan oleh manusia.

Siklus Terjadinya Energi Panas

siklus energi panas

Semua materi terbuat dari partikel kecil yang disebut atom, molekul, dan ion. Partikel-partikel kecil ini selalu bergerak saling bertabrakan atau bergetar maju mundur. Ini adalah gerakan partikel yang menciptakan bentuk energi yang disebut energi panas (atau termal) yang ada di semua materi.

Partikel memiliki energi yang lebih tinggi pada suhu yang lebih tinggi. Sejumlah energi ini dapat ditransmisikan ke partikel lain yang bersuhu lebih rendah.

Misalnya, ketika partikel yang bergerak cepat bertabrakan dengan partikel yang lebih lambat dalam keadaan gas, ia mentransfer energinya ke partikel lain dan dengan demikian meningkatkan kecepatan partikel yang bergerak lambat.

Ketika miliaran partikel bertumbukan satu sama lain, suatu daerah dengan energi tinggi berpindah melintasi material sampai kondisi kesetimbangan termal dikembangkan, yaitu suhu di seluruh material adalah sama.

Partikel yang bergerak lebih cepat memberikan efek pada partikel di dekatnya. Jika dipanaskan dengan cukup, pergerakan partikel dalam padatan meningkat dan mengatasi ikatan yang menahan partikel bersama-sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page