Zakki Ahmad Mahasiswa telat lulus yang lagi hobi mempelajari Ilmu Elektronika!

Switch Adalah : Fungsi. Jenis Tipe, dan Cara Kerja Switch

Switch Adalah ? ☑️ Berikut penjelasan LENGKAP pengertian apa itu Switch, Fungsi, Jenis, Tipe, dan Cara Kerja Switch yang WAJIB kamu tahu ☑️

Jaringan komputer membutuhkan alat untuk membantu pertukaran data. Salah satu yang sering dipakai adalah switch. Di sebuah sistem LAN, alat ini berbentuk kotak dengan banyak port saling tersambung.

Pengertian Switch

jenis switch

Secara umum, Pengertian Switch adalah perangkat jaringan komputer yang berperan sebagai penghubung antar komputer (PC) berkecepatan tinggi agar bisa saling bertukar data (mengirim dan menerima data).

Secara sederhana, switch juga dapat didefinisikan sebagai alat konektor di jaringan komputer yang mampu meneruskan data dari satu perangkat ke lainnya.

Selain switch, ada alat lain yang memiliki kapabilitas dan fungsi sama yaitu hub. Dua alat tersebut bahkan tampak sama yaitu banyak port. Anda perlu mengetahui perbedaan hub dan switch agar mudah memahami cara kerja, tipe, dan fungsi.

Switch akan menerima data dari sumber misalnya server atau komputer lalu diteruskan ke perangkat yang memang membutuhkan data tersebut. Sebaliknya, hub juga menerima semua data tetapi melakukan distribusi ke perangkat yang terkoneksi sebagai penerima.

Fungsi Switch

fungsi switch

  • Perangkat Konektor

Fungsi switch yang utama adalah konektor. Di jaringan komputer, anda perlu alat ini untuk terkoneksi ke perangkat, server, router, dan apapun. Selain itu, switch juga membantu untuk mengelola jaringan komunikasi agar pertukaran data berlangsung cepat.

  • Manajemen data

Selain konektor, switch juga mampu menjadi manajemen data. Semua yang masuk segera diolah untuk memastikan tidak ada kesalahan. Selanjutnya, alat ini memberikan ke perangkat yang membutuhkan berdasarkan mac address dan ip address.

  • Perangkat Repeater

Fungsi lain switch adalah repeater yaitu penguat sinyal. Jika data dan sinyal dari sumber sangat lemah, alat ini segera memperkuatnya. Saat menjalankan tugas tersebut, anda tidak perlu khawatir mengenai kualitas data. Switch tidak mengubah apapun kecuali memang dibutuhkan processing level tinggi sehingga butuh alat lain.

  • Looping Avoidance

Peran swith sebagai Looping avoidance adalah kemampuannya yang dapat mencegah terjadinya perputaran data pada port port switch.

Contoh sederhananya, ketika sebuah komputer melakukan pengiriman data yang tidak diketahui tujuan penerimanya, Swith sebagai Looping Avoidance akan meneruskan ke alamat Mac address tertentu dengan memblokir salah satu port yang terhubung perangkat perangkat lainnya.

  • Address Learning

Fungsi switch sebagai Address learning umumnya berapa pencatatan MAC address antar perangkat komputer yang terhubung dalam satu jaringan. Saat terjadi pengiriman data, secara otomatis switch akan melakukan pencatatan Mac Address pengirim dan meneruskan pengiriman data tersebut sesuai dengan Mac address penerima.

  • Validator dan filter

Seperti yang diketahui bersama, switch akan memeriksa apakah data yang masuk telah valid serta menyeleksi sesuai keperluan. Jika belum cukup, switch tidak mengirim ke perangkat lain. User dapat mengidentifikasi secara langsung apakah server dan komputer lain memang mengirim data yang benar atau tidak.

Jenis Jenis Switch

switch adalah

Anda akan menemukan jenis jenis switch dengan berbagai variasi. Yang paling umum adalah switch berdasarkan posisi dan fungsinya di jaringan.

  • Switch Layer 2

Switch layer 2 adalah konektor dari satu perangkat dan lainnya. Pertukaran data langsung memakai mac address untuk identifikasi. Tipe ini dipakai pada jaringan LAN, rumah, dan kantor yang tidak membutuhkan cakupan besar. Contoh alatnya adalah switch hub 8 port. Setiap port akan tersambung ke alat lain secara langsung.

Tipe ini memiliki keuntungan yaitu transfer dan konektor data yang cepat. Dua perangkat tersambung di switch yang sama. Data langsung dikirim dan diterima sesuai dengan kebutuhan. Perangkat lain yang tidak membutuhkan juga tidak mengalami efek apapun. Pastikan setting telah benar jika switch digunakan dengan identifikasi mac address.

  • Switch Layer 3

Switch layer 3 diterapkan pada level internet lebih luas. Penggunaan mac address tidak lagi efisien karena harus kirim data ke banyak port. Contohnya, anda akses server untuk membuka situs tertentu. Yang dipakai untuk identifikasi bukan mac address melainkan ip address.

Alat ini mungkin saja tidak diketahui langsung oleh para user. Akan tetapi, admin memiliki izin untuk mengelola bagaimana switch bekerja. Tugas tersebut harus disesuaikan dengan keperluan serta target tertentu.

Tipe Tipe Switch

tipe switch

Selain memiliki beragam jenis layer, perangkat switch ini juga mempunyai beberapa tipe. Tipe yang paling umum dan banyak dikenal adalah switch managed dan juga switch unmanaged. Namun ada juga beberapa tipe tipe lainnya yang bisa anda simak dibawah ini.

  • Unmanaged Switch

Yang dimaksud dengan Unmanaged Switch adalah perangkat switch tidak bisa di managed. Switch jenis ini tidak bisa di otak atik dan hanya bisa melakukan transfer data sesuai pengaturan defaultnya. Umumnya Unmanaged Switch ini digunakan oleh user yang memang mencari praktis dan tidak perlu pusing pusing mengatur konfigurasi perangkat perangkat jaringan. Hal ini karena Unmanaged Switch bersifat plug and play dan langsung siap pakai.

  • Managed Switch

Kebalikan dari Unmanaged Switch, Managed Switch adalah perangkat switch yang bisa kita manage atau atur konfigurasinya. Penggunaan Managed Switch memang disarankan oleh mereka yang sudah ahli dalam jaringan. Managed Switch bisa kita otak atik konfigurasinya sesuai kebutuhan, salah satu kelebihannya adalah ketika terjadi troubleshooting, kita dapat memperbaiki Managed Switch ini dengan mudah dibandingkan unmanaged switch yang tidak bisa kita apa apakan.

  • Ethernet Switch

Yang dimaksud dengan Ethernet switch adalah perangkat jaringan interkoneksi yang berjalan/ beroperasi pada lapisan data link dari model referensi OSI. Ethernet switch ini mendukung data transfer dalam jumlah besar melalui jaringan yang terhubung antar komputer.

  • ISDN switch

Perlu anda ketahui terlebih dahulu bahwa yang dimaksud dengan ISDN (Integrated Services Digital Network) adalah pengembangan jaringan telepon IDN yang menyediakan hubungan digital dari satu perangkat ke perangkat lain.

Switch ISDN ini mempunyai dua jenis akses sambungan yakni Basic rate Access (BRA) dimana ia menggunakan interface yang disebut Basic Rate Interface (BRI) dan juga Primary Rate Access (PRA) menggunakan interface yang disebut Primary Rate Interface (PRI).

  • Modular Switches

tipe yang satu ini mungkin sering kita temui pada perangkat PLC dan juga Power Supply komputer. Penggunaan switch modular tentunya akan menambah keamanan kabel layaknya fiber optik dan juga kerapiannya. Namun Modular Switches ini umumnya memili harga yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan yang biasa.

  • Smart Switches

Smart Switches merupakan perkembangan teknologi switch yang menawarkan beberapa manajemen dan segmentasi, kualitas layanan, dan kemampuan keamanan, sehingga dapat menjadi alternatif yang hemat biaya untuk sakelar modular.

Namun, mereka tidak skalabel seperti switch terkelola. Smart Switches ini umumnya digunakan di tepi jaringan besar (sementara sakelar terkelola digunakan di inti), sebagai infrastruktur untuk jaringan yang lebih kecil, atau untuk jaringan dengan kompleksitas rendah.

Cara Kerja Switch

Sumber : Channel Tutor Receh

Pertanyaan yang sering muncul dalam benak kalian mungkin adalah bagaimana switch bekerja ? Cara kerja switch cukup mudah dipahami karena ini merupakan alat fisik. Misalnya, anda membuat jaringan terdiri dari satu server dan tiga komputer sebagai user.

Alat ini lalu dipasang di bagian tengah sebagai konektor server ke user. Saat server mengirim data, penerima bukan semua user melainkan user tertentu dan yang lain tidak berpengaruh.

Karena switch juga memiliki fungsi lain, proses kirim dan terima data juga melawati fase seleksi dan validasi. Jika tidak sesuai kriteria, data akan terhenti di alat ini atau dikembalikan lagi ke pengirim dengan informasi tambahan.

Ada yang pernah bertanya kepada kami perihal apakah kabel switch memiliki komponen yang sama dengan kabel listrik ?  Tentu saja jawabannya TIDAK. Kabel switch dan juga kabel listrik mempunyai komponen yang berbeda.

Teknologi Transfer Data Pada Switch

  • ATM Switch (Asynchronous Transfer Mode)

Teknologi yang pertama dari switch adalah Asynchronous Transfer Mode. Transfer data yang dilakukan secara asinkron dimana antara penerima dan pengirim tidak harus memiliki waktu (clock) yang tersinkronisasi.

Peran switch pada teknologi ini mampu memindahkan berbagai jenis trafik (data, suara, video, audio) dengan cepat dan efisien. Circuit switching umumnya mensyaratkan bahwa paket di set ke posisi dalam frame berulang.

  • STM Switch (Synchronous Transfer Mode)

Synchronous Transfer Mode adalah proses pengiriman data dimana pengirim dan penerima berada dalam pengaturan dan waktu (clock) yang sama dengan tujuan data dapat dikirimkan dan diterima dengan baik oleh kedua perangkat komputer. Pada teknologi ini, clock/ timer harus benar benar dalam posisi yang sama dan akurat.

Kelebihan dan Kekurangan Switch

Setelah mengetahui cara kerja dan fungsi, tahap berikutnya adalah pembahasan tentang kelebihan kekurangan menggunakan switch. Anda perlu mengetahui lebih lanjut sebelum menerapkan dan memasang alat ini pada jaringan.

Kelebihan :

Kelebihan switch adalah terletak dari kapabilitas untuk mengirim data ke koneksi yang membutuhkan. Pertukaran hanya terjadi pada yang membutuhkan. Cara kerja ini menjadikan switch lebih efisien dan fleksibel.

Kekurangan :

Kekurangan switch adalah butuh upaya ekstra untuk setting. Selain itu, harga di pasaran lebih mahal dari hub. Selanjutnya, anda perlu membeli beberapa untuk jaringan yang kompleks. Jika salah setting, butuh waktu untuk perbaikan.

Info Elektronika Lainnya :
Gerbang Logika Rumus Slovin
Skala Likert Rangkaian Seri

Dari apa yang telah dijelaskan, anda mengerti bahwa switch adalah adalah penting untuk jaringan komputer. Pro dan kontra selalu ada karena merupakan hal yang wajar.

Akan tetapi, mereka yang memakai switch telah mengerti kapabilitas dan fungsi. Keunggulan dan keuntungan melebihi dari kekurangan sehingga memutuskan untuk memakai alat ini. Terus ikuti perkembangan informasi seputar ilmu elektronika hanya di Wikielektronika.com.

Zakki Ahmad Mahasiswa telat lulus yang lagi hobi mempelajari Ilmu Elektronika!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *