Pengertian dan Fungsi Switch

5 min read

Teknologi Transfer Data Pada Switch

tipe switch

  • ATM Switch (Asynchronous Transfer Mode)

Teknologi yang pertama dari switch adalah Asynchronous Transfer Mode. Transfer data yang dilakukan secara asinkron dimana antara penerima dan pengirim tidak harus memiliki waktu (clock) yang tersinkronisasi.

Peran switch pada teknologi ini mampu memindahkan berbagai jenis trafik (data, suara, video, audio) dengan cepat dan efisien. Circuit switching umumnya mensyaratkan bahwa paket di set ke posisi dalam frame berulang.

  • STM Switch (Synchronous Transfer Mode)

Synchronous Transfer Mode adalah proses pengiriman data dimana pengirim dan penerima berada dalam pengaturan dan waktu (clock) yang sama dengan tujuan data dapat dikirimkan dan diterima dengan baik oleh kedua perangkat komputer. Pada teknologi ini, clock/ timer harus benar benar dalam posisi yang sama dan akurat.

Kelebihan dan Kekurangan Switch

Setelah mengetahui cara kerja dan fungsi, tahap berikutnya adalah pembahasan tentang kelebihan kekurangan menggunakan switch. Anda perlu mengetahui lebih lanjut sebelum menerapkan dan memasang alat ini pada jaringan.

Kelebihan :

Kelebihan switch adalah terletak dari kapabilitas untuk mengirim data ke koneksi yang membutuhkan. Pertukaran hanya terjadi pada yang membutuhkan. Cara kerja ini menjadikan switch lebih efisien dan fleksibel.

Kekurangan :

Kekurangan switch adalah butuh upaya ekstra untuk setting. Selain itu, harga di pasaran lebih mahal dari hub. Selanjutnya, anda perlu membeli beberapa untuk jaringan yang kompleks. Jika salah setting, butuh waktu untuk perbaikan.

Info Elektronika Lainnya :
Gerbang Logika Rumus Slovin
Skala Likert Rangkaian Seri

Dari apa yang telah dijelaskan, anda mengerti bahwa switch adalah adalah penting untuk jaringan komputer. Pro dan kontra selalu ada karena merupakan hal yang wajar.

Akan tetapi, mereka yang memakai switch telah mengerti kapabilitas dan fungsi. Keunggulan dan keuntungan melebihi dari kekurangan sehingga memutuskan untuk memakai alat ini. Terus ikuti perkembangan informasi seputar ilmu elektronika hanya di Wikielektronika.com.

2 Replies to “Pengertian dan Fungsi Switch”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page