Pengertian dan Macam Macam Termometer

Posted on

Termometer Adalah?☑️ Berikut penjelasan lengkap apa itu termometer, Fungsi, Contoh Gambar, Jenis dan Cara Penggunaannya☑️

Alat ukur bernama thermometer mungkin sudah cukup familiar di masyarakat. Biasanya alat ini menjadi salah satu peralatan kesehatan yang selalu tersedia di rumah karena thermometer adalah alat yang sangat membantu untuk mengukur suhu tubuh saat sedang demam.

Namun tahukah bahwa meskipun fungsinya sama, alat ini memiliki berbagai jenis? Untuk membantu anda dalam memahami apa itu termometer, berikut kami ulas ragam fungsi dan jenis jenis thermometer dilenggkapi contoh gambar lengkap.

Termometer Adalah?

termometer adalah

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang salah satu jenis alat ukur suhu yang satu ini, Anda harus tahu terlebih dahulu mengetahui definisi dari apa itu termometer.

Pengertian Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur temperature (suhu) atau perubahan suhu pada sebuah benda (tubuh) dan ruangan tertentu.

Ukuran suhu yang diukur menggunakan thermometer dinyatakan dengan satuan derajat Celcius (°C). Sedangkan untuk satuan internasional, satuan yang digunakan adalah derajat Kelvin (°K).

Termometer celcius menggunakan ukuran 0 – 100 derajat celcius, sedangkan untuk titik tetap bawah termometer fahrenheit adalah 32 oF dengan titik tetap atasnya 212 o F.

Jenis cairan yang biasa digunakan sebagai pengisi termometer adalah air raksa dan alkohol. Sedangkan air tidak dipakai untuk mengisi termometer hal ini karena air merupakan penghantar panas yang jelek dan sifat air yang akan membahasi dinding kaca sehingga jangkauan suhu yang akan diukur menjadi terbatas.

Kata thermometer berasal dari bahasa Latin thermo yang artinya panas dan meter yang artinya untuk mengukur. Penemu Termometer pertama kali adalah ilmuwan Galileo Galilei pada tahun 1593 melalui risetnya dengan membuat termoskop air sederhana sebagai pengukuran suhu.

Penemuan ini kemudian dikembangkan oleh ilmuwan asal Italia bernama Santorio Santorio tepatnya pada tahun 1612 yang berhasil menambahkan skala numerik pada termoskop Galileo tersebut.

Pengembangan alat ukur suhu badan ini masih berlanjut hingga pada tahun 1654 seorang ilmuwan bernama Grand Duke of Tuscany, Ferdinand II membuat thermometer berbahan kaca yang berisi cairan alkohol.

Bagian Bagian Termometer

bagian bagian termometer
Gambar komponen termometer

Termometer yang digunakan pada umumnya adalah thermometer yang berisi zat cair, baik itu air raksa ataupun alkohol. Agar bisa mempelajari bagaimana penggunaan thermometer yang benar, ada baiknya mempelajari dulu apa saja bagian-bagian thermometer itu.

  1. Tabung Gelas

Ini adalah bagian paling luar. Bagian dari thermometer berisi komponen-komponen utama yang menyusun thermometer.

  1. Pipa kaca

Pipa kaca ini adalah bagian thermometer yang berisi zat cair, baik itu alkohol atau air raksa. Bentuknya seperti tabung namun pipih. Fungsinya adalah sebagai tempa pemuaian zat cair.

  1. Zat Cair yang Mengisi Thermometer

Sebelumnya sudah sedikit disinggung tentang zat cair yang mengisi thermometer. Zat cair pengisi thermometer ini merupakan komponen terpenting pada thermometer sebab yang menjadi komponen yang mengindikasikan derajat suhu dari objek yang diukur.

  1. Skala

Bagian berikutnya ini berbentuk garis-garis dengan angka. Fungsinya adalah untuk menunjukkan skala derajat suhu dari objek atau benda yang diukur. Semakin besar angka yang ditunjukkan pada skala, maka semakin tinggi suhunya.

Macam Macam Termometer

Termometer dibagi menjadi berbagai jenis berdasarkan beberapa kategori. Ada thermometer yang dibagi berdasarkan skala yang ditunjukkan yang terdiri dari thermometer Celcius, Thermometer Fahrenheit, Thermometer Reamur dan Thermometer Kelvin.

Ada pula jenis-jenis thermometer yang dibagi berdasarkan bahan pengisinya. Ada thermometer dengan zat pengisi cair, thermometer dengan zat padat dan lain sebagainya. Berikut adalah thermometer berisi zat cair yang merupakan jenis thermometer paling sering dijumpai.

Termometer Raksa

gambar termometer raksa
Gambar termometer raksa

Jenis termometer ini adalah thermometer yang berisi air raksa yang diletakkan pada tabung kaca. Jenis thermometer ini memiliki keuntungan karena pemuaiannya yang teratur dan mudah dilihat karena mengkilap.

Cairan raksa digunakan untuk mengisi termometer karena air raksa merupakan penghantar panas yang baik sehingga suhu badan yang akan diukur lebih cepat diketahui hasilnya.

Namun kekurangan dari jenis ini adalah tidak bisa digunakan untuk mengukur suhu yang sangat rendah dan sifat bahannya yang beracun. Contohnya, thermometer klinis pengukur suhu badan.

Termometer Klinis

termometer klinis
Gambar termometer klinis

Berikutnya yaitu Thermometer klinis. Alat ini paling sering digunakan untuk mengukur temperatur suhu seseorang/ pasien yang dirasa sedang sakit demam. Termometer klinis mempunyai daerah ukur antara 35.5 hingga 42℃. Alat ini banyak dibutuhkan khususnya di sektor kesehatan dan industri medis.

Jenis termometer yang paling sesuai untuk mengukur suhu tubuh manusia adalah termometer klinis jenis oral (dimasukkan kedalam mulut). Hal ini karena pengukuran suhu pada tubuh manusia melalui mulut memiliki hasil yang lebih akurat daripada metode pengukuran yang lainnya.

Alat ukur suhu disebut thermometer dengan banyak variasi dan model sesuai fungsi dan teknologi. Salah satunya adalah versi klinis yang dipakai dokter, perawat, dan siapapun yang bekerja di bidang kesehatan. Anda juga dapat memiliki alat ini untuk keperluan cek suhu badan di rumah.

Termometer Digital

termometer digital
Gambar termometer digital

Alat ukur suhu yang praktis dan mudah dibaca adalah teermometer digital. Fungsinya tetap sama yaitu menentukan suhu suatu objek seperti ruangan, udara, badan, air, dan apapun.

Alat ini juga tersedia untuk umum dengan harga terjangkau. Menurut artikel yang ditulis oleh alodokter.com, beberapa jenis varian thermometer digital yang umum digunakan khususnya pada sektor kesehatan (medis) adalah Thermometer digital telinga, Thermometer dot digital, dan Thermometer dahi.

Termometer Ruangan

termometer ruangan
Gambar termometer ruangan

Alat ukur suhu ruangan juga menggunakan thermometer yang dipasang pada dinding. Saat suhu naik, Anda melihat semacam tanda yang menunjukkan posisi angka tertentu. Alat ini kadang digabungkan ke pengatur suhu atau AC ruangan.

Termometer Laboratorium

termometer Laboratorium
Gambar termometer laboratorium

Gambar alat ukur suhu yang sering muncul adalah thermometer untuk laboratorium. Jika Anda pernah mengadakan praktik di sekolah. Alat ini menggunakan kaca yang terdapat air raksa dan skala pengukuran. Fungsi mengukur suhu cairan atau benda padat.

Termometer Infrared

termometer infrared
Gambar termometer infrared

Ada juga thermometer infrared yang menggunakan sinyal cahaya untuk mengetahui suhu suatu objek. Cara pakainya adalah Anda mengarahkan alat ini dan menembakkan infrared. Hasilnya akan muncul menunjukkan suhu tertentu.

Termometer Bimetal

gambar termometer bimetal
Gambar termometer bimetal

Termometer bimetal adalah jenis thermometer yang materialnya terbuat dari dua keping logam dengan koefisien muai berbeda yang dipelat menjadi satu bagian.

Thermometer bimetal sendiri berasal dari kata “Bimetal” yang mempunyai dua logam. Arti bi adalah dua dan metal merupakan ciri dari meterialnya yang terbuat dari bahan logam.

Prinsip kerja dari thermometer bimetal ditandai dengan perubahan lengkungan arah logam. Saat koefisien muai rendah, keping bimetal akan melengkung menuju logam, demikian juga sebaliknya.

Selain digunakan sebagai alat untuk mengukur suhu, thermometer bimetal juga seringkali ditemui digunakan sebagai komponen lampu sein mobil, setrika elektronik, dan juga termostat.

Termometer Six Bellani

termometer Six Bellani
Gambar termometer Six Bellani

Thermometer six bellani mungkin jarang dilihat dan dipakai untuk umum kecuali kebutuhan riset. Alat ini menggunakan dua skala terdiri dari alkohol dan raksa. Fungsinya untuk mengerti titik didih dan beku suatu objek.

Termometer Alkohol

gambar termometer alkohol
Gambar termometer alkohol

Jenis berikutnya adalah thermometer yang di dalamnya berisi cairan alkohol yang sekaligus berfungsi sebagai media pengukur suhunya. Keunggulan jenis ini adalah sifatnya lebih teliti untuk perubahan suhu yang kecil karena pemuaiannya yang besar. Harga termometer alkohol ini juga jauh lebih terjangkau dibandingkan jenis air raksa.

Selain itu juga thermometer alkohol terbuat dari bahan yang tidak beracun. Sayangnya, thermometer jenis ini memiliki titik didih rendah. Karena itu tidak bisa digunakan untuk mengukur suhu tinggi.

Fungsi Termometer

fungsi termometer

Fungsi termometer yang utama adalah untuk mengukur suhu (temperature) pada tubuh seseorang dan juga suhu pada ruangan tertentu. Yang membedakan diantara fungsi termometer tersebut adalah suhu objek yang akan diukur. Inilah yang kemudian membuat thermometer terdiri dari berbagai jenis yang berbeda.

Fungsi paling sering ditemui dari thermometer adalah untuk mengukur suhu tubuh saat sakit. Untuk cara penggunaan thermometer sendiri ada beberapa cara, yaitu bisa dengan dimasukkan ke dalam mulut, diletakkan di bawah ketiak dan dimasukkan ke dalam dubur.

Masing-masing cara ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Satu hal yang harus diperhatikan dari ketiga cara penggunaan termometer ini adalah bahwa suhu untuk setiap penggunaan masing-masing berselisih.

Ketika digunakan di dubur, suhunya lebih tinggi 0,5 °C dari suhu pengukuran dari mulut. Sementara itu untuk cara mengukur melalui ketiak suhunya lebih rendah 0,5 °C dari pengukuran lewat mulut.

Cara Menggunakan Termometer

Sumber : Channel Happy in Healthy

Untuk menggunakan dan membaca termometer saat ini tidaklah terlalu sulit, apalagi karena sudah ada jenis thermometer digital dan juga thermometer infrared.

Cara penggunaan termometer digital maupun infrared ini lebih mudah karena hasil pengukuran suhu sudah langsung ditampilkan dalam bentuk skala angka berbentuk tulisan digital.

Lalu bagaimana prinsip kerja termometer ? Pada thermometer digital anda hanya perlu menyalakan thermometer tersebut kemudian tempelkan sinar nya ke dahi atau bagian tubuh yang ingin diukur.

Lalu, saat pengukuran suhu selesai, biasanya akan ditandai dengan suara ‘bip’. Maka thermometer sudah bisa diambil dan hasil pengukurannya bisa langsung dibaca.

Sedangkan untuk cara penggunaan thermometer raksa, alkohol maupun termometer klinis, caranya ialah dengan menempelkan ujung thermometer pada area tubuh kemudian tunggu hingga terdengar bunyi ‘bip bip bip’. Setelah itu anda hanya tinggal membaca skala pengukuran yang ditunjukkan.

Info Alat Ukur Lainnya :
Pengertian dan Fungsi Manometer Pengertian dan Fungsi Barometer
Pengertian dan Fungsi Anemometer Pengertian dan Fungsi Hygrometer

Kesimpulannya, Termometer adalah sebuah alat ukur yang digunakan untuk mengukur suhu atau perubahannya. Dalam kehidupan sehari-hari, alat ini sering digunakan untuk mengukur suhu tubuh saat sedang sakit.

Penjelasan tentang termometer di atas semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Untuk lebih memahami jenis-jenisnya, Anda bisa melihat berbagai perbedaannya melalui gambar termometer yang telah wikielektronika tampilkan diatas.

Related posts:
Gravatar Image
Mahasiswa telat lulus yang lagi hobi mempelajari Ilmu Elektronika!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *