Pengertian dan Fungsi UPS

3 min read

UPS Adalah ? Informasi lengkap pengertian Apa itu UPS ☑️ Fungsi penting UPS ☑️ jenis jenis, cara kerja dan juga harga UPS komputer terbaru☑️

Salah satu perangkat elektronika yang cukup besar manfaatnya adalah UPS (Uninterruptible Power Supply). Selain fungsi utamanya yakni mampu menyimpan daya listrik untuk digunakan oleh perangkat elektronik lainnya saat darurat, UPS juga bisa membuat alat alat elektronik dirumah aman dari kerusakan saat terjadi pemadaman listrik.

Terdapat bermacam macam varian UPS (Uninterruptible Power Supply) yang dijual dipasaran. Mulai dari UPS model standby, kemudian ada lagi UPS model conversion, dan tak ketinggalan UPS line interactive. Nah untuk teman teman yang ingin mempelajari seputar UPS (Uninterruptible Power Supply), berikut detail ulasan lengkapnya.

UPS Adalah ?

UPS Adalah

Apa itu UPS? Pengertian UPS adalah perangkat elektronik yang dapat menyimpan daya listrik dengan periode waktu tertentu sehingga saat terjadi pemadaman listrik, alat elektronik yang tersambung dengan UPS tersebut tetap menyala melalui energi listrik yang tersimpan didalam UPS.

Definisi secara umum mengenai UPS adalah tipe power supply yang memberi daya listrik sementara. Saat listrik padam, komputer tanpa ups akan mati dan sangat beresiko. Setelah dipasang ups, komputer masih menyala beberapa menit untuk memberi kesempatan user menyimpan data dan mematikan  dengan normal.

Standar UPS yang umum digunakan untuk sebuah perangkat elektronik seperti PC/ komputer adalah 500 watt hingga 1500 watt. UPS dengan kapasitas sebesar 500 watt hanya mampu menyalakan sebuah komputer (300) watt dalam kurun waktu 15 menit.

Jadi bisa dibilang UPS adalah alat yang mampu menyimpan daya listrik dengan kapasitas tertentu yang nantinya bisa digunakan saat terjadi listrik mati. Walaupun sifatnya hanya menyalakan sementara, namun peran UPS ini sangat membantu mengurangi kerusakan komputer/ perangkat elektronika lainnya dari resiko listrik mati.

Jenis Jenis UPS

UPS terdiri dari beberapa tipe dan jenis. Simak daftar berikut untuk penjelasan lebih lanjut.

  • UPS Standy

Tipe pertama UPS adalah stanby yang sering disebut juga ups komputer. Ini merupakan tipe yang memang dipakai komputer dan alat elektronik lain untuk mencegah mati mendadak saat listrik padam. Bentuknya kotak kecil yang dapat disesuaikan kapasitas dan kapabilitasnya.

  • UPS Double Conversion

Tipe kedua UPS adalah double conversion. Ini merupakan ups yang mengubah listrik yang masuk untuk disimpan sebagai baterai lalu dari baterai dikirim ke alat elektronik. Prosesnya dua kali perubahan maka disebut double conversion.

  • UPS Line Interactive

Jenis ketiga UPS adalah line interactive. Listrik yang masuk secara otomatis berubah sesuai dengan kebutuhan. Alat ini memiliki auto converter sehingga pengguna cukup menyesuaikan kapasitas yang keluar. Tipe ups ini memiliki bentuk lebih besar dipakai mirip charger.

Fungsi UPS

fungsi UPS

  • Baterai sementara

Fungsi ups yang utama adalah baterai sementara karena mampu menyimpan cadangan listrik. Tentu saja, kapasitas dan komponen untuk supply daya berasal dari kapasitor bukan material baterai murni.

Perlu Anda ketahui, fungsi sebagai baterai bukan berarti ups adalah sumber listrik. Saat dihubungkan langsung, alat elektronik tidak menyala sebab daya di ups sudah habis atau tidak memadai. Banyak yang terkecoh dengan fungsi ini karena mengira ups mampu memberikan daya untuk waktu lama mirip baterai normal.

  • Stabilitas tegangan

Selanjutnya, ups dipakai untuk menjaga tegangan agar sesuai kebutuhan. Listrik AC atau DC yang masuk segera diturunkan agar alat elektronik mampu bekerja dengan optimal. Stabilitas tegangan sangat penting sehingga tidak terganggu saat beroperasi.

  • Proteksi alat listrik

Fungsi lain ups adalah proteksi yang berkaitan dengan dua fungsi sebelumnya. Proteksi dari tegangan tinggi dan gangguan listrik. Anda tidak perlu panik saat listrik padam karena komponen alat elektronik masih berfungsi baik.

  • Backup data

Untuk komputer rumah, ups juga dipakai untuk menunjang backup data. Anda mempunyai waktu sebelum komputer mati karena kehabisan daya. Fungsi yang sama diterapkan untuk skaa lebih besar pada server. Data perlu disimpan lalu dibuat salinannya agar aman dan dapat diakses kembali.

Cara Kerja UPS

cara kerja ups

  • Baterai dan charger

Cara kerja ups yang utama mirip baterai dan charger. Listrik masuk ke ups lalu segera tersimpan sebagai daya lalu terkoneksi ke alat elektronik. Cara kerja ini ada dua yaitu listrik disimpan dahulu sebagai baterai. Setelah penuh, ups segera mengarahkan ke komponen alat elektronik.

  • Converter

Fungsi ups sebagai pengatur tegangan sehingga mirip coverter terutama yang mampu mengubah AC ke DC. Sebagai converter, cara kerja ups adalah menyesuaikan listrik masuk dan keluar yang diterima alat elektronik.

Harga UPS Komputer

Pertanyaan selanjutnya adalah berapa harga UPS dipasaran? Semakin besar kapasitasnya maka harga yang dibayar juga bertambah. Selain itu, Anda juga perlu memperkirakan penggunaan agar produk yang dibeli tidak sia-sia. Harga ups komputer adalah terjangkau karena memang untuk penggunaan rumah.

Type Daya Listrik Harga
UPS APC BX650LI-MS / BX650LIMS 650 VA / 325 W Rp.567.200
UPS PROLINK PRO700SFC PRO700 650 VA / 350 W Rp.574.300
UPS PASCAL ST 3110 1000 VA / 700 W Rp. 552.300
UPS SPC SMART 650 PRO 650 VA / 350 W Rp.482.100
UPS Kenika KE-600 VA 600 VA / 320 W Rp.422.000
UPS ICA CN1300 1300 VA / 650 W Rp.875.500
UPS inforce + Modif aki luar MAX 120 Amp 650 VA / 325 W Rp.666.500

Harga ups adalah berbeda jika dibuat secara custom. Artinya, Anda memakai ups yang memang secara langsung disesuaikan dengan fungsi dan tujuan penggunaan. Tipe seperti ini tersedia untuk skala besar.

Tips Memilih UPS Terbaik

Anda telah mengerti beberapa tipe ups dan fungsinya. Alat ini memiliki nilai guna yang sangat penting terutama untuk komputer model lama. Selain itu, alat elektronik lain juga dapat menggunakan ups termasuk server dan sistem skala besar. Agar tidak salah memilih, cek tips berikut sebagai panduan.

  • Tipe dan jenis alat elektronik

Tips memilih UPS terbaik yang pertama adalah tipe dan jenis alat elektronik. Misalnya, Anda membutuhkan ups untuk komputer maka pilih dan beli yang memang untuk keperluan tersebut.

Selain itu, ada tipe universal yaitu mampu dipakai untuk beberapa alat dan sistem sekaligus. Jadi, tentukan dahulu alat yang nanti memakai ups lalu mulai cek tipe yang kompatibel.

  • Daya dan kapasitas tegangan

Selanjutnya, ups harus memiliki kapasitas tegangan yang sesuai. Sebagai alat listrik, tegangan selalu ditulis di bagian luar untuk petunjuk. Anda dapat membeli kapasitas normal misalnya 12V atau lebih besar. Dan jangan lupa pilih UPS type Low watt jika ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *